Laporkan Masalah

Pengaruh Kepemimpinan Berorientasi Perubahan Terhadap Perilaku Pembelajaran: Peran Pemediasi Keamanan Psikologis dan Pemoderasi Keterbukaan Pada Pengalaman

RAHMAT EKA PUTRA, Dr. C. Budi Santoso, M.Bus.

2019 | Tesis | MAGISTER SAINS MANAJEMEN

Penulisan tesis ini dimaksudkan untuk menguji model hubungan tidak langsung dan model interaksional dari perilaku pembelajaran, dimana keamanan psikologis merupakan konstruk inti antara konteks, keperibadian, dan, perilaku pembelajaran. Perilaku pembelajaran diusulkan sebagai keluaran dari hubungan tidak langsung kepemimpinan berorientasi perubahan melalui keamanan psikologis. Selanjutnya berdasarkan the Big Five model of personality dan teori determinasi diri, keterbukaan pada pengalaman dan keamanan psikologis diusulkan sebagai variabel individual yang saling mempengaruhi dalam proses ini. Keterbukaan pada pengalaman berinteraksi dengan keamanan psikologis mengarahkan pada keluaran perilaku pembelajaran yang lebih besar. Secara keseluruhan model memerlukan proses mediasi dan moderasi dimana keamanan psikologis merepresentasikan variabel krusial untuk mentransformasikan sumber daya kontekstual dan individual kedalam keluaran perilaku pembelajaran. Hipotesis ini telah diuji dan terdukung menggunakan metodologi structural equation modeling (SEM), pada 187 karyawan di beberapa perusahaan jasa keuangan dan asuransi. Tesis ini juga mendiskusikan implikasi teoritikal dan praktikal untuk literatur perilaku organisasional.

The writing of this thesis is intended to examine the model of indirect relations and interactional models of learning behavior, where psychological safety is a core construct between context, personality, and learning behavior. Learning behavior is proposed as an output of indirect change-oriented leadership relationships through psychological safety. Furthermore, based on the Big Five model of personality and self determination theory, openness to experience and psychological safety is proposed as individual variables that influence each other in this process. Openness to the experience of interacting with psychological safety leads to the output of larger learning behaviors. Overall the model requires a process of mediation and moderation where psychological safety represents a crucial variable to transform contextual and individual resources into the output of learning behavior. This hypothesis has been tested and supported using the structural equation modeling (SEM) methodology, in 187 employees in several financial and insurance service companies. This thesis also discusses the theoritical and practical implications for the organizational behavior literature.

Kata Kunci : Kepemimpinan Berorientasi Perubahan, Keamanan Psikologis, Keterbukaan Pada Pengalaman, Perilaku Pembelajaran

  1. S2-2019-407359-abstract.pdf  
  2. S2-2019-407359-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-407359-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-407359-title.pdf