Laporkan Masalah

ANALISA DUCTING CABIN PESAWAT 19 PENUMPANG DI PT.DIRGANTARA INDONESIA ( PERSERO ) BANDUNG

ROBET AGUNG NURWANTO, Ir. Susanto Johanes, M.T.

2018 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK MESIN

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk grafik sistem dari dua saluran udara. Grafik sistem tersebut kemudian dihubungkan dengan grafik kerja dua tipe fan yang berbeda. Perpotongan ini digunakan untuk menentukan fan yang sesuai dengan sistem saluran udara. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pengambilan data terlebih dahulu, preprocessing, analisa factor coefficient dan analisa solver. Penggunaan metode tersebut didasarkan atas permasalahan yang ada dan sebagai alat untuk mencari pemecahan masalah yang telah menjadi pernyataan dalam rumusan masalah. Analisa yang telah dilakukan menghasilkan beberapa nilai pressure losses. Saluran udara bagian kiri memiliki nilai pressure losses sebesar 0,05115 in.H2O pada mass flowrate fan sebesar 5 lb/min, sedangkan pada mass flowrate fan sebesar 15 lb/min didapat nilai pressure losses sebesar 0,46002 in.H2O. Dua nilai pressure losses tersebut membentuk grafik sistem yang berpotongan dengan grafik fan tipe 1 dititik ( 520 cfm , 2,75 in.H2O ) dan fan tipe 2 dititik ( 350 cfm, 1,1 in.H2O ). Pada saluran udara bagian kanan nilai pressure losses pada mass flowrate fan sebesar 5 lb/min dan 15 lb/min adalah 0,3571 in.H2O dan 3,2418 in.H2O. Dua pressure losses ini membentuk grafik sistem yang berpotongan dengan grafik fan tipe 1 dititik ( 250 cfm, 4,4 in.H2O ). Grafik sistem saluran udara bagian kanan tidak berpotongan dengan grafik fan 1.

This study aims to find the form of system graphics from two ventialtion system. The graph of the system then linked to a working graph of two different fan types. This intersection is used to determine the fan that matches the air duct system. The method used in this study is data collection, preprocessing, factor coefficient analysis and solver analysis. The use of these methods is based on existing problems and as a tool to find solutions to problems that have become statements in the formulation of the problem. The analysis that has been carried out results in several values of pressure losses. The left air channel has a pressure losses value of 0.05115 in. H2O on the mass flowrate fan of 5 lb / min, while the mass flowrate fan is 15 lb / min, the pressure losses are 0.46002 in. H2O. The two pressure losses values form a system graph that intersects with fan chart type 1 at point (520 cfm, 2.75 in. H2O) and fan type 2 at point (350 cfm, 1.1 in.H2O). At the right side of the air channel the pressure losses value on the mass flowrate fan is 5 lb / min and 15 lb / min is 0.3571 in.H¬2O and 3.2418 in.H2O. These two pressure losses form a system graph that intersects with a type 1 fan graph at the point (250 cfm, 4.4 in.H2O). The graph of the right air duct system does not intersect the fan chart 1.

Kata Kunci : Pressure Losses, Ducting Analyzing, Cabin Ventilation Distribution System

  1. D3-2015-384696-abstract.pdf  
  2. D3-2015-384696-bibliography.pdf  
  3. D3-2015-384696-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2015-384696-title.pdf  
  5. D3-2018-384696-abstract.pdf  
  6. D3-2018-384696-bibliography.pdf  
  7. D3-2018-384696-tableofcontent.pdf  
  8. D3-2018-384696-title.pdf