Laporkan Masalah

Redesign Geometri Jalan Akibat Melewati Rawa Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Paket 4

NADIA ROSITA DEWI, Nursyamsu Hidayat, S.T., M.T., Ph.D.

2018 | Tugas Akhir | D4 TEKNIK PENGELOLAAN DAN PEMELIHARAAN INFRASTRUKTUR SIPIL

Jalan tol merupakan salah satu dari sekian banyak infrastruktur yang diprioritaskan dalam pembangunan jangka panjang. Salah satu hal yang paling utama dalam perencanaan jalan tol adalah desain geometri jalan. Dalam pelaksanaan di lapangan desain geometri jalan tidak selalu sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Perubahan desain geometri jalan terdapat pada STA. 123+200 - STA. 126+825 dimana di lokasi tersebut terdapat genangan air yang cukup luas. Adanya genangan air ini diperkirakan akan membutuhkan waktu dan biaya yang lebih banyak apabila dipaksakan untuk tetap dilaksanakan sesuai dengan desain geometri jalan yang awal. Tujuan dari Proyek Akhir ini yaitu menganalisis perubahan desain geometri jalan dengan menyesuaikan kondisi lapangan. Data yang digunakan untuk analisis antara lain data plan profile dan long section, data ROW dan data gambar eksisting. Perhitungan analisis desain geometri jalan ini menggunakan Standar Geometri Jalan Bebas Hambatan Untuk Jalan Tol No. 007/BM/2009 untuk mendapatkan desain geometri jalan berdasarkan tingkat keamanan dan tingkat kenyamanan. Hasil dari analisis ini diperoleh dua lengkung horizontal dan sembilan lengkung vertikal pada STA. 123+200 – STA. 126+825. Alinyemen horizontal ini terdiri dari 2 buah tikungan dimana kedua tikungan tersebut berbentuk tikungan full circle. Radius yang digunakan untuk tikungan full circle ini sepanjang 2500 m dan 3000 m. Selain itu, pergeseran as jalan terbesar pada alinyemen horizontal yaitu 61,61 m. Alinyemen vertikal ini terdiri dari lima lengkung vertikal cembung dan empat lengkung vertikal cekung dengan panjang lengkung vertikal sepanjang 70 m dan 100 m. Perubahan elevasi as jalan terbesar pada alinyemen vertikal yaitu 3,03 m. Berdasarkan hasil analisis perencanaan geometri jalan sudah memenuhi batas pagar ROW dan Standar Geometri Jalan Bebas Hambatan Untuk Jalan Tol No. 007/BM/2009.

The toll road is one of the many infrastructure prioritized in long-term development. One of the most important things in toll road planning is the design of road geometry. In the implementation of the field of road geometry design is not always in accordance with what has been planned. Road geometry design changes are in STA.123+200 – STA.126+825 where in the location there is a large pool of water. The existence of this puddle is estimated to require more time and cost if forced to remain implemented in accordance with the design of the initial path geometry. The purpose of this Final Project is to analyze the changes in road geometry design by adjusting the field conditions. Data used for analysis include data plan profile and long section, ROW data and existing image data. The calculation of the road geometry design analysis uses the Geometry Standard of Freeway for Toll Road No.007/BM/2009 to get the design of road geometry based on safety level and comfort level. The results of this analysis obtained two horizontal arches and nine vertical arches on the STA.123+200 - STA.126+825. This horizontal alignment consists of two where both corners are full-circle twists. The radius used for this full circle is 2500 m and 3000 m long. Besides, the largest axle shift in the horizontal alignment is 61,61 m. This vertical alignment consists of five convex vertical arches and four concave vertical arches with vertical arches lengths along 70 m and 100 m. The largest road elevation changes in the vertical alignment is 3,03 m. Based on the results of the road geometry planning analysis has met the boundaries of the ROW fence and the Geometry Standard of Freeway for Toll Road No.007/BM/2009.

Kata Kunci : perencanaan, geometri jalan, analisis, alinyemen

  1. D4-2018-368385-abstract.pdf  
  2. D4-2018-368385-bibliography.pdf  
  3. D4-2018-368385-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2018-368385-title.pdf