Laporkan Masalah

Perilaku Menabung Nasabah Muslim di Perbankan Syariah

PUSVITA YUANA, Prof. Marwan Asri, M.B.A., Ph.D

2018 | Tesis | S2 SAINS MANAJEMEN

Studi ini bertujuan untuk mengetahui perilaku menabung nasabah muslim di perbankan syariah. Penelitian ini menguji pengaruh literasi keuangan syariah, religiusitas, bagi hasil, tingkat kepercayaan (trust), dan pengaruh sosial (social influence) terhadap perilaku menabung nasabah muslim di perbankan syariah. Terdapat tiga pengukuran untuk variabel perilaku menabung yaitu keputusan menabung, pemilihan jenis tabungan, dan lama menabung di bank syariah. Studi dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui metode survei. Proses pengumpulan data dilakukan secara online dengan ukuran sampel mencapai 262 responden. Metode analisis data untuk menguji hubungan antar variabel dalam penelitian ini menggunakan uji regresi logistik biner dan uji regresi logistik ordinal. Untuk variabel keputusan menabung dan pemilihan jenis tabungan akan diuji menggunakan uji regresi logistik biner, sedangkan variabel lama menabung di bank syariah akan diuji menggunakan regresi logistik ordinal. Temuan studi menunjukkan bahwa keputusan menabung di pengaruhi oleh literasi keuangan syariah (berpengaruh positif) dan religiusitas (berpengaruh positif). Kemudian untuk pemilihan jenis tabungan, nasabah tersebut dipengaruhi oleh religiusitas (berpengaruh positif), bagi hasil (berpengaruh negatif), dan pengaruh sosial (berpengaruh positif). Loyalitas nasabah terhadap bank syariah yang dilihat dari lamanya menabung di bank syariah dipengaruhi oleh literasi keuangan syariah (berpengaruh positif), religiusitas (berpengaruh positif), dan kepercayaan (berpengaruh negatif). Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa karakter emosional-ideologis yaitu perilaku menjalin hubungan dengan bank karena semata-mata dorongan norma dan keyakinan agama merupakan karakter nasabah muslim di perbankan syariah.

This study aims to understand the saving behavior of Muslim customers in Islamic banking. This research examines the effect of Islamic financial literacy, religiosity, profit and loss sharing, trust level, and social influence on the saving behavior of Muslim customers in Islamic banking. There are three measurements for the variable of saving behavior namely saving decision, selection of savings products, and the period of saving in islamic banking. The study was conducted by quantitative approach through survey method. The data collection process is done online with the sample size reaching 262 respondents. Data analysis method to test the relationship between variables in this study using binary logistic regression and ordinal logistic regression. For saving decision variable and selection of savings products variable will be tested using binary logistic regression, while the period of saving in islamic banking variable will be tested using ordinal logistic regression. The study findings suggest that saving decision are influenced by islamic financial literacy (positive effect) and religiosity (positive effect). For selection of savings products variable, the customer is influenced by religiosity (positive effect), profit sharing (negative effect), and social influences (positive effect). Customer loyalty to sharia banks seen from the long time of saving in sharia bank is influenced by syariah financial literacy (positive effect), religiosity (positive effect), and trust (negative effect). This study concludes that the emotional-ideological character (the behavior of establishing relationships with banks due solely to the drive of norms and religious beliefs) is the character of Muslim customers in Islamic banking.

Kata Kunci : literasi keuangan syariah, religiusitas, bagi hasil, tingkat kepercayaan (trust), pengaruh sosial (social influence), perilaku menabung nasabah muslim di perbankan syariah, keputusan menabung, pemilihan jenis tabungan, lama menabung di bank syariah


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.