Laporkan Masalah

Analisis Blue Ocean Leadership Di PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO)

Kemal Al Kindi Mulya, T. Hani Handoko, M.B.A, Ph.D.

2018 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Penelitian ini membahas tentang pola praktik kepemimpinan yang sedang berlangsung dalam perusahaan PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengevaluasi praktik kepemimpinan melalui aktivitas utama kepemimpinan pada PT Fast Retailing Indonesia, (2) menemukan pola praktik kepemimpinan pada PT Fast Retailing Indonesia berdasarkan key keadership activities serta (3) membuat perumusan aktivitas utama kepemimpinan pada PT Fast Retailing Indonesia dengan pendekatan blue ocean leadership. Analisis dilakukan secara deskriptif dengan mengurangi penjelasan responden dan menerjemahkan hasil kuesioner ke dalam kanvas blue ocean leadership. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa para pemimpin pada PT Fast Retailing Indonesia, terutama direktur dan manajer divisi harus meninggalkan aktivitas lama yang tidak memberikan kontribusi apapun bagi kemajuan perusahaan, meningkatkan intensitas aktivitas yang dinilai positif untuk perusahaan serta menerapkan beberapa aktivitas baru yang diharapkan dapat mengubah praktik kepemimpinan yang sebelumnya tidak efektif menjadi lebih efektif.

This research discusses about leadership practices that is currently being implemented at PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO). The aims of the research are (1) to evaluate leadership practices at PT Fast Retailing Indonesia based on key leadership activities, (2) to find the expected leadership practices by the leaders of PT Fast Retailing Indonesia, (3) to formulate key leadership activities at PT Fast Retailing Indonesia based on Blue Ocean Leadership. The descriptive analysis is conducted by interpreting and translating result obtained from depth-interview and transforming the result achieved from questionnaire into blue ocean leadership canvas. The research reveals that leaders of PT Fast Retailing Indonesia, directors and division managers, have to leave behind previous activities that did not give any positive contribution to company. Instead, leaders of PT Fast Retailing Indonesia have to raise the intensity of some activities that have positive value to the company. Hence, they have to execute new created activities that are expected to make leadership practices at PT Fast Retailing Indonesia be more effective than before.

Kata Kunci : Blue Ocean Leadership, Praktik Kepemimpinan PT Fast Retailing Indonesia, Key Leadership Activities


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.