Laporkan Masalah

Buku Panduan AMAN Untuk Meningkatkan Pengetahuan Orang Tua Mengajarkan Keterampilan Bina Diri Berpakaian Pada Anak Tunagrahita

ADELIN AUSTRALIATI S, Dr. Budi Andayani, M. A., Psikolog.

2018 | Tesis | S2 Psikologi Profesi

Keterbatasan fungsi intelektual dari anak tunagrahita berdampak pada kemampuannya menjalankan keterampilan bina diri. Keterampilan bina diri merupakan keterampilan dasar yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan sehari-hari sehingga anak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Keterampilan bina diri menjadi salah satu hal penting yang harus diajarkan dan dikembangkan oleh orang tua pada anak tunagrahita. Salah satu keterampilan bina diri yang kurang dikuasai oleh anak tunagrahita yaitu keterampilan berpakaian. Ibu dari anak tunagrahita kerap memberikan bantuan dalam berpakaian. Ibu kerap enggan memberikan pengajaran maupun kesempatan pada anak untuk berpakaian secara mandiri dikarenakan kurangnya informasi yang didapatkan oleh ibu mengenai cara mengajarkan berpakaian yang tepat. Anak menjadi kurang mandiri dan terbiasa membutuhkan bantuan untuk menguasai keterampilan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi buku panduan AMAN (Anak MAndiri berpakaiaN) yang nantinya dapat digunakan oleh ibu untuk mengajarkan keterampilan berpakaian pada anak tunagrahita. Proses validasi buku panduan ini melalui pengujian validitas isi dan mengimplementasikan buku panduan ini pada orang tua yang memiliki anak tunagrahita. Pengujian validitas isi menggunakan professional judgement melibatkan 7 panel ahli yang memberikan penilaian pada isi buku panduan. Implementasi dari buku panduan menggunakan metode kuasi eksperimen one group pretest posttest design yang melibatkan 15 subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan AMAN telah teruji valid secara isi dengan nilai V berkisar antara 0,71-0,91 pada setiap bagian materinya. Buku panduan AMAN dapat meningkatkan pengetahuan orang tua mengajarkan keterampilan berpakaian pada anak tunagrahita dengan nilai z = -3,205 (p<0,05).

Intellectual function limitation of the intellectually disabled children has impacts on their ability to apply their daily living skills. Daily living skills are basic ones needed to do daily activities so that children can cope with their environments. Daily living skills need training and developing by parents for their intellectually disabled children. One of the daily living skills that is less acquired by the intellectually disabled children is dressing skill. Mother of the intellectually disabled children very often assist them to put on their dresses. Their mothers are often reluctant to train them and provide chances for their children to put on their attires appropriately by themselves due to the lack of information on the ways to train appropriate dressing. In effect, the children become less independent and get accustomed to requiring assistance to apply the daily living skills. The objectives of the present study to validate a guide book AMAN (Anak MAndiri berpakaiaN), the book of which is expected to be used by mothers to train the self dressing skill to their intellectually disabled children. The validating process of the book is done by applying content validity test and implementation of the guide book by parents to their intellectually disabled children. Content validity test is applied by using professional judgement involving 7 expert panelists who scored the contents of the guide book. Implementation of the guide book is studied by applying quasi experiment method with one group pretest posttest design involving 15 subjects. The findings indicate that based on its content the AMAN guide book has been verified valid with V values ranging from 0,71 to 0,91 on each aspect of its content. The guide book AMAN potentially increases the parents knowledge in training dressing skills to intellectually disabled children with z value of -3,205 (p<0,05).

Kata Kunci : Buku panduan AMAN, tunagrahita, keterampilan bina diri, keterampilan berpakaian, orang tua


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.