Laporkan Masalah

Efektivitas TV Sponsorship D'Academy Dalam Komersialisasi Pepsodent Action 123

ADISTY BAHRI PRATAMA, Dr. Ir. Suci Syahlani, MM

2018 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Pepsodent yang merupakan pemimpin pasar dalam kategori perawatan gigi dan mulut memilih untuk melakukan modifikasi produk untuk tetap kompetitif dengan meluncurkan Pepsodent Action 123. Sementara itu, D'Academy merupakan acara dangdut terkini yang sesuai dengan pangsa pasar yang dimiliki oleh Pepsodent Action 123. Komersialisasi Pepsodent Action 123 kemudian dilakukan di D"Academy untuk mempromosikan produk baru Pepsodent tersebut. Adanya komersialisasi produk baru Pepsodent di D'Academy tersebut memunculkan pertanyaan efektifkah iklan produk baru di tv sponsorship yang dilakukan Pepsodent? Oleh karena itu penelitian ini dibuat bertujuan untuk menganalisa pengaruh tv sponsorhip di D'Academy pada kesuksesan penjualan dan kesadaran merek pengembangan produk baru yang dilakukan oleh Pepsodent dalam produk Pepsodent Action 123. Metode yang dilakukan ialah metode deskriptif kualitatif dengan data primer yang diperoleh dari wawancara semi terstruktur dengan 22 narasumber dan juga data internal perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tv sponsorship yang dilakukan Pepsodent di D'Academy untuk komersialisasi Pepsodent Action 123 efektif mendukung capaian penjualan dan kesadaran merek Pepsodent Action 123. Iklan-iklan Pepsodent Action 123 di D'Academy mampu membuat konsumen berada pada tahap adopsi inovasi, sementara capaian penjualan produk juga sesuai dengan anggaran yang telah dikeluarkan.

Pepsodent, the market leader in oral care category, opt to modify the product to remain competitive by launching the Pepsodent Action 123. Meanwhile, D'Academy is the latest dangdut event that matches the target market owned by Pepsodent Action 123. The commercialization of Pepsodent Action 123 hence held at D'Academy to promote the new Pepsodent product. The commercialization of Pepsodent's new product at D'Academy raises the question of how effective a new product ad will be on Pepsodent's TV sponsorship? Therefore this research is aimed to analyze the effect of TV sponsorhip at D'Academy on the success of sales and brand awareness of new product development by Pepsodent in Pepsodent Action 123 product. The method used is descriptive qualitative method with primary data obtained from semi structured interviews with 22 respondents and also internal company data. The results of this study indicate that Pepsodent's TV sponsorship at D'Academy for commercialization of Pepsodent Action 123 effectively supports the sales and brand awareness of Pepsodent Action 123. The ads of Pepsodent Action 123 at D'Academy are able to gain the consumers in adoption stage of the innovation, while product sales achievement is also still in line with the budget that has been issued.

Kata Kunci : Pepsodent, TV Sponsorship, D'Academy, pengembangan produk baru �


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.