Laporkan Masalah

ANALISIS PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MENGIKUTI DAN MEMILIH RUMAH SAKIT ATAU KLINIK UNTUK MELAKUKAN PROGRAM BAYI TABUNG

ANASTASIA HARIYANI, Bayu Aritejo, S.E., M.M., M.Si., Ph.D.

2018 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses keputusan konsumen untuk mengikuti program bayi tabung dan memahami proses keputusan konsumen dalam memilih rumah sakit atau klinik untuk menjalani program bayi tabung. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam individu yang semi terstruktur dengan kriteria responden adalah pasien yang pernah atau sedang menjalankan program bayi tabung di Indonesia sebanyak 15 partisipan. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode konten analisis dengan mengelompokkan kata atau frasa yang terkandung dalam teks dengan label atau kode yang menggambarkan konsep terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan pengambilan keputusan untuk mengikuti program bayi tabung dimulai dengan pengenalan masalah antara lain karena kegagalan terapi sebelumnya, sudah lama menikah tetapi belum berhasil hamil, merasa usia sudah tua, dan karena vonis dokter harus bayi tabung karena kondisi tertentu. Tahapan berikutnya adalah proses pencarian informasi mengenai bayi tabung antara lain informasi mengenai biaya yang dibutuhkan, prosedur, tingkat keberhasilan, rumah sakit yang menyediakan layanan, dokter yang menangani, perubahan gaya hidup, dan teknologi yang digunakan dalam program bayi tabung. Tahap evaluasi dari alternatif solusi yang dipahami dan dicoba dilakukan oleh pasien adalah inseminasi intrauterin, program alami/induksi ovulasi, tindakan operasi, perubahan gaya hidup, tusuk jarum, dan konsumsi jamu atau obat herbal lainnya. Tahap pengambilan keputusan untuk mengikuti program bayi tabung dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan mental, ketersediaan biaya dan ketersediaan waktu. Sedangkan tahapan pengambilan keputusan untuk pemilihan rumah sakit atau klinik dengan melakukan pencarian informasi dan kemudian memutuskan memilih dengan mempertimbangkan pelayanan, kredibilitas dokter, kredibilitas rumah sakit atau klinik itu sendiri, jarak dengan tempat domisili, serta fasilitas dan teknologi yang dimiliki oleh rumah sakit atau klinik tersebut.

This research is aimed to understand the process of customers' decision making in joining IVF program and understand the process of costumers' decision making in choosing the hospitals or clinics to join IVF program. The data collection method is using indepth interview which specialized in 15 respondents (patients) who either used to or are joining IVF program. The data analysis technique is using content analysis method by classifying the words or phrase which contained in the text with label or code that describe related concept. The research shows that the decision making step in joining IVF program is started from the problems identification such as the failure of the previous therapy, no children marriage which has lasted for long time, late age couple, and certain situation which caused patient should join IVF program. The next step is information searching about IFV program such as hospital expense, procedures, pregnancy rate, services provider hospitals, doctors, lifestyle changing, and technology that is used in the IVF program. Evaluation step of the alternative solutions which are recognized and tried by the patients are intrauterine insemination, natural/induction ovulation program, operation, lifestyle changing, acupuncture, and herbal medicine consumption. Decision making step in joining IVF program considers the mental readiness, expense availability, time availability. Meanwhile, the decision making to choose hospitals or clinics follows the step of searching information then deciding to choose the hospitals or clinics by considering the services, doctors' credibility, hospitals' or clinics' credibility, the distance, facilities and technology that is used in the hospital or clinic.

Kata Kunci : pengambilan keputusan konsumen, bayi tabung, infertilitas


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.