Laporkan Masalah

Peran Kecemasan Akademik sebagai Mediator Hubungan Antara Perfectionism dan Prokrastinasi Mengerjakan Tesis

ANGGI PUSPITASARI, Bhina Patria, Dr. rer. pol., M. A.

2018 | Tesis | S2 Psikologi

Perfectionism adalah suatu bentuk ambisi mahasiswa dalam mengerjakan tesis untuk dapat mencapai standar yang tinggi, tidak mentolerir kekurangan, dan sangat sensitif terhadap kritikan. Perfectionism yang membuat seorang mahasiswa merasakan kecemasan akademik, yang menimbulkan rasa tidak nyaman secara fisik, perilaku maupun kognitif. Adanya hal yang membuat tidak nyaman yang membuat seorang mahasiswa ingin menghindari tesis dan memilih untuk melakukan prokrastinasi. Studi ini bertujuan menguji secara empiris peranan kecemasan akademik dalam memediasi hubungan perfectionism dengan prokrastinasi. Penelitian ini dilakukan pada 132 mahasiswa yang sedang mengerjakan tesis. Alat ukur yang digunakan adalah skala prokrastinasi, skala perfectionism, dan skala kecemasan akademik. Metode analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda dari model mediasi Baron dan Kenny (1986). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada peranan kecemasan akademik yang memediasi penuh hubungan antara perfectionism dan prokrastinasi (F=57,95, p<0,05). Efektivitas mediasi kecemasan akademik terhadap hubungan perfectionism dan prokrastinasi sebesar 47,3%.

Perfectionism is a form of student ambition in doing thesis which is aimed to achieve high standards, not tolerate deficiencies, and be very sensitive to criticism. This perfectionism make students feel an academic anxiety, which causes discomfort physically, behaviorally and cognitively. The existence of this uncomfortable condition that makes students want to avoid the thesis and choose to do procrastination. This study is aimed to test empirically of the role of academic anxiety in mediating the relationship of perfectionism and procrastination. This study was conducted on 132 students who were working on the thesis. The measuring instruments used are the scale of procrastination, the scale of perfectionism, and the scale of academic anxiety. The statistical analysis method used is multiple regression analysis from Baron and Kenny mediation model (1986). The results of this study proved that there is a role of academic anxiety that fully mediates the relationship between perfectionism and procrastination (F = 57.95, p <0.05). The effectiveness of academic anxiety mediation on the perfectionism and procrastination relationship was 47.3%.

Kata Kunci : Mediasi, Perfectionism, Kecemasan akademik, Prokrastinasi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.