Laporkan Masalah

Intensi Pembelian Ulang Melalui E-Commerce Ditinjau dari Persepsi Terhadap Electronic Service Quality dan Electronic Word-of-Mouth (E-WOM)

DIAN FEBRIANY PUTRI, Sumaryono, Dr., M.Si., Psikolog

2018 | Tesis | S2 Psikologi Profesi

Maraknya sistem perdagangan berbasis online melalui e-commerce saat ini masih dihadapi dengan kendala minimnya kepercayaan atas proses transaksi yang berlangsung. Tujuan penelitian ini mengkaji apakah persepsi terhadap electronic service quality dan electronic word-of-mouth berperan terhadap intensi pembelian ulang. Subjek penelitian meliputi laki-laki dan perempuan dengan rentang usia 18-35 tahun dan pernah memiliki pengalaman melakukan pembelian produk berbasis e-commerce lebih dari dua kali dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala intensi pembelian ulang, skala persepsi terhadap electronic service quality dan skala electronic word-of-mouth. Pengambilan data dilakukan dengan teknik purposive sampling dan metode analisis dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data empiris atau model yang diajukan sesuai dengan model teoritik.

The rise of online-based trading system through e-commerce is still faced with the lack of trust in the transaction process. The purpose of this study is to examine whether perceptions of electronic service quality and electronic word-of-mouth contribute to re-purchase intention. Research subjects include men and women with an age range of 18-35 years and have had experience buying e-commerce-based products more than twice over the past year. The measuring tool used in this research is the scale of re-purchase intention, the scale of perception of electronic service quality and electronic word-of-mouth scale. The data was collected by purposive sampling technique and the analysis method was done by using Structural Equation Modeling (SEM). The results of this study indicate that the empirical data or the proposed model corresponds to the theoretical model.

Kata Kunci : Intensi Pembelian Ulang, Persepsi Terhadap Electronic Service Quality, Electronic Word-of-Mouth, E-Commerce


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.