Laporkan Masalah

GAMIFIKASI UNTUK PENGGUNA PADA FITUR PERTEMUAN DALAM APLIKASI MEDIA SOSIAL

MEYHART SITORUS, Dr. Ridi Ferdiana, S.T., M.T.; Teguh Bharata Adji, S.T., M.T., M.Eng., Ph.D.

2017 | Tesis | S2 Teknik Elektro

Aplikasi media sosial sudah menjadi alat komunikasi yang banyak digunakan di teknologi internet sekarang ini, aplikasi-aplikasi ini menjadi sering digunakan untuk menjadwalkan pertemuan. Tetapi untuk melibatkan banyak peserta, seringkali menyulitkan pembuat pertemuan (meeting host) untuk menyusun jadwal dan menginformasikan kepada pada peserta mengenai rincian pertemuan seperti tempat, tanggal, durasi pertemuan dan pesertanya. Penelitian ini dilakukan untuk memudahkan meeting host menjadwalkan pertemuan dengan jaringan sosialnya menggunakan fitur pertemuan yang dilengkapi dengan teknik gamifikasi. Penelitian ini merupakan jenis development research atau penelitian pengembangan yang menghasilkan sebuah produk yang diuji kelayakannya pada lingkungan masyarakat umum. Produk yang dihasilkan adalah fitur pertemuan dalam aplikasi media sosial dengan memanfaatkan teknik gamifikasi untuk membuat sistem disukai. Tahapan-tahapan dalam development research yang dilakukan cukup panjang dan melibatkan beberapa peneliti lain untuk menyempurnakan sistem, mulai dari perancangan, pengembangan dan user testing. Fitur pertemuan diterapkan pada aplikasi media sosial “Meeting Yuk” dan kemudian diuji kelayakan sistem secara menyeluruh pada 37 orang pengguna dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Dari hasil pengujian didapatkan sistem berada pada kategori cukup atau marginal dengan skor 62,1 dari 100. Sebanyak 46% pengguna setuju dan 38% pengguna sangat setuju bahwa fitur pertemuan berbasis gamifikasi yang dibuat membantu untuk menjadwalkan pertemuan-pertemuan yang pengguna. 40% pengguna setuju dan 32% pengguna sangat setuju bahwa pengguna suka dengan sistem poin yang diberikan jika datang tepat waktu. 43% pengguna setuju dan 35% sangat setuju bahwa status yang menunjukkan jumlah peserta dan siapa saja yang hadir dalam sebuah pertemuan baik untuk diterapkan.

Social media applications have become a widely used communication tool in internet technology today, these applications are becoming frequently used to schedule meetings. But to engage many participants often makes it difficult for meeting hosts to schedule and inform participants about the details of meetings such as the place, date, duration of meetings and participants. This research is done to facilitate meeting host scheduling meetings with social network using meeting feature equipped with gamification technique. This research is a type of development research or research development that produces a product that is tested its feasibility in the general public environment. The resulting product is a meeting feature in social media applications by utilizing gamification techniques to create a preferred system. Stages in development research that is done quite long and involves several other researchers to improve the system, such as design, development and user testing. The meeting feature is applied to the "Meeting Yuk" social media app and then thoroughly tested system feasibility on 37 users using the System Usability Scale (SUS) method. From the test results obtained the system is in the category enough or marginal with a score of 62.1 from 100. A total of 46% of users agree and 38% of users strongly agree that the gamification-based meeting feature made helps to schedule meetings of users. 40% of users agree and 32% of users strongly agree that users like the point system provided when it comes on time. 43% of users agree and 35% strongly agree that the status indicating the number of participants and anyone present at a meeting is good to implement.

Kata Kunci : Gamification, game elements, technology, social media