Laporkan Masalah

PRAKTIK KONSUMSI DAN KONSTRUKSI IDENTITAS PELANGGAN KLINIK KOPI YOGYAKARTA

DURROTUL YATIIMAH, Dr. Christian Budiman, M.Hum.

2018 | Tesis | S2 Kajian Budaya dan Media

Klinik Kopi ada sejak 2013. Sejak kemunculannya, kafe ini berhasil menarik perhatian banyak orang dengan konsep edukasi yang dimunculkannya. Barista sekaligus pemilik Klinik Kopi secara konsisten memberikan wacana tentang bagaimana secangkir kopi sebaiknya diseduh dan dinikmati. Wacana yang disampaikan oleh Barista di media sosial dan di ruang seduh itu kemudian diterima dan bahkan disebarkan kembali oleh para pengunjungnya. Saya meneliti bagaimana pengunjung melakukan praktik konsumsi di Klinik Kopi dan kemudian bagaimana praktik konsumsi tersebut ikut membentuk identitas mereka. Pada praktiknya, para pengunjung tidak hanya mengonsumsi kopi. mereka juga mengonsumsi obrolan, ruang (dengan berfoto dan berjualan), dan informasi di akun media sosial Klinik Kopi. Beberapa di antaranya juga mengonsumsi biji kopi dari Klinik Kopi. Dari beragam praktik tersebut saya melihat ada perubahan kebiasaan yang terjadi dan dengan menggunakan teori tentang produksi kultural Pierre Bourdieu saya mendapati bahwa di arena Klinik Kopi para pengunjung dan pelanggan menukar dan mengakumulasikan beragam kapital yang mereka punya. Menggunakan alasan selera, mereka melakukan distingsi terhadap peminum kopi di tempat lain dan terhadap sesama peminum kopi di Klinik Kopi. Dari praktik konsumsi yang terjadi, kesamaan identitas yang saya tangkap dari para pelanggan ini adalah, mereka menjadi bagian dari pengopi jaman sekarang yang harus tahu asal-usul dan cara pembuatan kopi, mereka peduli terhadap fair trade yang berdampak pada kesejahteraan petani namun tidak kritis dalam menerima bias informasi.

Klinik Kopi existed since 2013. This cafe managed to attract many people attention with the concept of education. Barista and Klinik Kopi owners consistently provide a discourse on how a cup of coffee should be brewed and enjoyed. Discourse submitted by Barista in social media and in the brewing room was accepted and even redistributed by the visitors. I examine how visitors practice consumption at the Klinik Kopi and then how the consumption practices work to shape their identities. In practice, visitors do not just consume coffee. They also consume chats, space (with photos and sales), and information on the social media account of the Klinik Kopi. Some of them also consume coffee beans from Klinik Kopi. From these various practices I see a change of habit taking place and by using the theory of the cultural production of Pierre Bourdieu I find that in the Klinik Kopi arena, visitors and customers exchange and accumulate a variety of capital they have. Using tastes, each of them also appearing distinction from coffee drinkers elsewhere and to coffee drinkers at the Klinik Kopi. From the consumption practices that occur, the common identity that I capture from these customers is that they become part of today's coffee lover who must know the origin and the way of making coffee, they care about fair trade that affects the welfare of farmers but not critical in receiving information bias.

Kata Kunci : Klinik Kopi, Edukasi, Konsumen, Praktik Konsumsi, Konstruksi Identitas, Pierre Bourdieu, Kapital, Distingsi, Fair Trade. / Klinik Kopi, Education, Consumer, Consumption Practice, Identity Construction, Pierre Bourdieu, Capital, Distinction, Fair Trade.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.