Laporkan Masalah

GENERASI 90AN: GENERASI DALAM BUKU (Strategi dan Perjuangan Simbolik Marchella F.P. di Ranah Perbukuan Indonesia Pasca-Orde Baru)

RHEA FEBRIANI T, Dr. Ch. Budiman, M.Hum.

2018 | Tesis | S2 Kajian Budaya dan Media

Memasuki tahun 2010-an, berbagai nostalgia mengenai kehidupan nyaman dan menyenangkan di masa lalu menjadi topik hangat di media sosial. Marchella F.P. adalah salah satu orang yang senang bernostalgia dan berbagai cerita masa lalu di media sosial hingga akhirnya dituangkan dalam buku berjudul Generasi 90an (2013). Apa yang dibahas oleh Marchella dalam bukunya bukanlah hal baru, melainkan memori-memori mengenai tahun 1990-an yang juga dirasakan oleh siapapun yang pernah melalui masa tersebut. Penulis buku bertema tahun 1990-an pun bukan hanya Marchella. Maka dari itu, ia pun berjuang dan berstrategi di ranah perbukuan untuk mendapat legitimasi sebagai penulis buku bertema tahun 1990-an. Kendala terbesar Marchella, yakni umurnya sendiri, yang dianggap terlalu muda untuk membahas tahun 1990-an. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi yang dilakukan Marchella di ranah perbukuan untuk mendapat legitimasi tersebut. Analisis dilakukan dengan mengoperasikan teori ranah produksi kultural Pierre Bourdieu. Penelitian ini menganalisis praktik Marchella F.P., meliputi habitus, kapital, strategi dan perjuangan simbolik. Hasil penelitian menunjukkan Marchella meraih legitimasi sebagai penulis pelopor buku tema tahun 1990-an. Legitimasi ini hasil dari upayanya melakukan berbagai strategi akumulasi dan konversi kapital di ranah perbukuan. Pada akhirnya, legitimasi yang didapat Marchella ini membuatnya leluasa untuk mengeksploitasi tema tahun 1990-an menjadi berbagai produk kultural lainnya yang memiliki nilai jual.

By the year 2010s, the nostalgics of comfortable and happy life in the past became hot topic on social media. Marchella F.P. was one who love sharing nostalgic stories on social media, finally poured all of it into a book titled Generasi 90an. What was discussed by Marchella in the book was not a new thing, instead the memories of 1990s which is felt by anyone who have gone through that era. Marchella was not the only one who wrote the book about 1990s. Therefore, she is doing some struggling and strategies to be a legitimate book writer with 1990s era as the theme. Marchellas biggest obstacle was her own age, which was considered too young to discuss about the 1990s. This research aimed to analyze the strategy which was used by Marchella in the field of book publishing in order to earned that legitimacy. Analysis is done by operating Pierre Bourdieu theory field of cultural production. This research analyzes the practice done by Marchela F.P. including habitus, capital, strategy and symbolic struggle. The results shows Marchella gained legitimacy as the pioneering bookwriter about 1990s era. This legitimacy was result of her effort employing accumulation strategy and capital conversion on the field of book publishing. In the end, this legitimacy which was gained by Marchella gives her freedom to exploit the theme of 1990s into varieties of cultural products which has value to sell.

Kata Kunci : Marchella F.P., Generasi 90an, Strategi, Ranah Perbukuan, Strategy, Field of Book Publishing


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.