Laporkan Masalah

Validasi Modul CARE dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Guru Sekolah Dasar Inklusi

PUTI AYU SETIANI, Dr. Budi Andayani, M.A., Psikolog

2018 | Tesis | S2 Psikologi Profesi

Kompetensi sosial emosional guru memiliki peran siginifikan dalam efektivitas mengajar. Berbagai tantangan yang dihadapi oleh guru seperti kelalaian siswa, perilaku siswa yang kurang baik, serta berbagai dinamika di kelas membuat guru seringkali mengalami emosi negatif, seperti frustasi dan marah. Tantangan ini semakin besar ketika guru memiliki kelas inklusif. Kualitas kompetensi emosi tidak hanya memberikan dampak positif bagi kesejahteraan psikologis guru, namun juga memiliki pengaruh bagi perkembangan sosial emosional dan performa akademis siswa. Pelatihan kecerdasan emosional merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan sosial emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas modul CARE (Cerdas Memahami dan Meregulasi Emosi) pada guru sekolah dasar, khususnya di sekolah inklusi. Validasi dilakukan dalam dua tahap, yaitu secara uji validitas isi dan uji empiris. Analisis untuk uji validitas isi menggunakan Aikens V. Uji empiris dilakukan dengan menggunakan desain penelitian untreated control group design with dependent pretest and posttest dengan analisis data yang menggunakan pendekatan non parametric test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul CARE memiliki validitas isi yang baik dengan rentang Aikens V 0.75-0.96, namun belum mampu meningkatkan kecerdasan emosional U (n=16) = 21, p >.05, pada kelompok eksperimen (M=9,67) dibanding kelompok kontrol (M=7).

Teachers social emotional competence has a significant role for effective teaching. The many challenges faced by teachers such as students negligent, students misbehaviour, and various classroom dynamics make teachers often experience negative emotions, such as frustration and anger. The challenge becomes greater when teachers have an inclusive class. Not only has a positive affect for teachers psychological well-being, but the quality of teachers social emotional competence can influence students social emotional development and also their academic performance. Emotional intelligence training is one of way to improve this social emotional competence. This study aims to develop and test the validity of CARE module for primary school teachers, especially in inclusive schools. Validity of the module will be tested in two stages; content validity test and empirical test. The content validity test will use Aikens V for the data analysis. The empirical test will be conducted by using quasi-experimental with untreated control group design with dependent pretest and posttest. Data analysis for this test will use non parametric approach. Result shows that CARE module has good content validity with Aikens V 0.75-0.96, but emotional intelligence not significantly improved U (n=16) = 21, p >.05, in experiment group (M=9,67) than control group (M=7).

Kata Kunci : guru, kecerdasan emosional, modul, validasi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.