Laporkan Masalah

MOTIVASI PENGUNJUNG: STUDI KASUS MUSEUM MEMORIAL JENDRAL SOEHARTO

AMALIA NUR VITRASARI, Dra. D. S. Nugrahani, M.A

2018 | Skripsi | S1 ARKEOLOGI

Ciri utama pembelajaran di museum ialah berlandasakan pada free choice learning dan self directed learning. Kualitas hasil belajar pengunjung sangat dipengaruhi oleh motivasi dan faktor pembentuknya. Museum yang memilki tingkat kunjungan yang tinggi diharapkan dapat memahami motivasi pengunjungnya sehingga proses belajar menjadi maksimal, salah satu museum tersebut ialah Museum Memorial Jendral Soeharto. Penelitian ini berusaha untuk mengungkap karakteristik pengunjung MMJS berdasarkan motivasi dan faktor motivasinya. Faktor yang mempengaruhi motivasi kunjungan ialah ketertarikan pengunjung terhadap museum serta peran yang diampu oleh pengunjung saat berkunjung. Kedua variabel tersebut disinkronisasi sehingga menghasilkan karakteristik pengunjung, yang hasilnya ialah terdapat 12 kelompok pengunjung MMJS.

Learning in museum is about free choice and self directed. Visitor’s learning output constructed by visitor motivation and its factor. Museum that have many visitor must understanding their visitor’s motivation so learning process effectiveness of learning process can be achieve, one of them is Museum Memorial Jendral Soeharto. This research is trying to understand characteristics of museum visitor of the Museum Memorial Jendral Soeharto based on their motivation and its factor. Factors that influence motivation are visitor interest and reasons of their visit. Two variables being synchronized to shows their motivation. There are 12 groups of visitor in Museum Memorial Jendral Soeharto with their own motivation.

Kata Kunci : Museum Memorial Jendral Soeharto, Motivasi, Segmentasi Pengunjung


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.