Laporkan Masalah

TINGKAT ADOPSI INFORMASI TEMPAT WISATA MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) (Survei Tingkat Adopsi Informasi Tempat Wisata melalui Electronic Word of Mouth (eWOM) pada Media Sosial Instagram)

DIMAS BRAMASTYA, Pulung Setiosuci Perbawani, S.I.P., M.M.

2018 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Penelitian ini berjudul Survei tingkat adopsi informasi tempat wisata melalui electronic word of mouth (eWOM) pada media sosial Instagram. Penelitian ini dilakukan untuk mengatahui bagaimana tingkat adopsi informasi mengenai tempat wisata berdasar dari eWOM yang terdapat di media sosial instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Keunikan dari penelitian ini adalah bagaimana masyarakat saat ini melakukan adopsi informasi dengan electronic word of mouth (eWOM) yang ada pada media sosial Instagram. Peran media sosial saat ini tidak hanya sebagai tempat untuk saling berkomunikasi namun juga sebagai tempat pencarian informasi maupun dijadikan rujukan informasi oleh netizen selaku pengguna dari media sosial tersebut. Untuk media sosial Instagram sendiri saat ini, oleh sebagian netizen dijadikan referensi dan tempat pencarian informasi mengenai tempat wisata. Objek peneitian ini adalah pengguna dari media sosial Instagram yang melakukan adopsi informasi mengenai tempat wisata dari berbagai akun. Baik itu akun HUB, public figure. Penelitian ini menggunakan 400 responden yang didapat dari 22 juta pengguna instagram di Indonesia. Hal tersebut dilakukan agar dapat melihat bagaimana tingkat adopsi informasi melaui eWOM pengguna instagram di Indonesia Kuesioner menjadi alat pengambilan data primer dimana didukung pula dengan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistic deskriptif, antara lain distribusi frekuensi, mean, dan tabulasi silang. Teknik analisis ini memudahkan peneliti untuk menganalisis dan melihat tingkat adopsi informasi mengenai tempat wisata oleh pengguna instagram pada media sosial tersebut.

This research title is Survey to information adoption level of tourism destination in Indonesia from eWOM in social media Instagram. The purpose of this research is to find out how much the information adoption level regarding to tourism activities based on electronic word of mouth which can be found spesifically through social media Instagram. This study used survey method with quantitative approachment. The uniqueness of this research is to found out how people using the electronic word of mouth to do the information adoption through social media Instagram. These days, people using social media not only to socialize and communicate with others, but also for the place to finding informations. In case of Instagram, it becomes the reference and informations sources in the matter of tourism destination for netizens. The object of this research are instagram users who had done information adoption from other users account, HUB or public figures, regarding to tourism destination. This research used survey method and questionnaire to 400 respondents of instagram users in Indonesia. The results from questionnaire becomes the primary data for this research. The data then analyzed using statistic descriptive method, which include frequency distribution, mean, and cross tabulation. The researcher chose this analysis technique to understand and analyze the information adoption level on Instagram users regarding tourism destination.

Kata Kunci : Adopsi informasi , Media sosial , eWOM , Instagram , Tempat wisata


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.