Laporkan Masalah

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN UNTUK PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN IKAN BEKU

R. DANANG WIDHIANTO, Dr. Ir. Dyah Ismoyowati, M.Sc; Dr. Ir. Endy Suwondo, DEA

2018 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Saat ini, pemenuhan sumber gizi dari ikan oleh masyarakat tidak hanya dalam bentuk segar saja, namun juga dalam bentuk lain seperti olahan ikan. Unit Pengolahan Ikan (UPI) Mino Ngudi Lestari merupakan produsen produk olahan ikan beku di Propinsi DIY dengan produk utama yaitu olahan ikan nila dan tuna berupa nugget, sosis, bakso, dan otak-otak. Sebagai produsen yang sedang berusaha memperkuat pemasaran produknya, UPI Mino Ngudi Lestari perlu untuk memahami perilaku konsumen sebagai dasar untuk penyusunan strategi pemasaran produk. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh faktor-faktor dominan yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk olahan ikan beku Ninajo/Faztifood, serta menetapkan strategi pemasaran produk berdasarkan faktor-faktor dominan yang diperoleh. Analisis dilakukan menggunakan metode analisis faktor dengan dibantu software SPSS 21. Pada penelitian ini, terdapat 23 variabel keputusan pembelian yang digunakan sebagai acuan dalam proses analisis faktor. Responden yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah konsumen produk olahan ikan beku merek Ninajo/Faztifood. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sejumlah 115 responden di outlet DR. Frozen Food, Sleman. Berdasarkan hasil proses analisis faktor, diketahui bahwa terdapat lima faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk Ninajo/Faztifood yaitu faktor karakteristik konsumen dan kandungan produk, faktor tempat penjualan, faktor higienitas produk, faktor kenampakan produk, serta faktor harga. Faktor karakteristik konsumen dan kandungan produk merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian, yaitu sebesar 24,311%. Mengacu pada hasil analisis faktor serta segmentasi yang terbentuk, maka strategi bauran pemasaran yang disarankan untuk UPI Mino Ngudi Lestari adalah melakukan perbaikan kemasan untuk merek Ninajo dengan mencantumkan informasi kualitas produk, mendekatkan produk Faztifood dengan pasar target yang dituju yaitu masyarakat kelas menengah kebawah hingga menengah, serta memberikan poster dinding di tempat penjualan produk sebagai media promosi, dengan mencantumkan positioning serta keunggulan produk, agar konsumen tertarik untuk membeli.

Currently, the fulfillment nutritional resources from fish for the community not only in fresh formed, but in formed of processed fish. Fish Processing Unit (FPU) Mino Ngudi Lestari is a producer of processed frozen fish products in the Province of DIY with the main products processed tilapia and tuna in the form of nuggets, sausages, meatballs, and “otak-otak”. As a producer who try to strengthen its product market, FPU Mino Ngudi Lestari needs to understand consumer behavior as basic for arranging product market strategy. This study aimed to obtain the dominant factors that influence consumer decisions on buying Ninajo/ Faztifood frozen processed products, and set product marketing strategy based on dominant factors obtained. The analysis was done by using factor analysis method with assisted software SPSS 21. In The research, there were 23 variables purchase decision which used as reference in factor analysis process. Respondents involved in this research were consumers frozen fish processed products of Ninajo/Faztifood brand. Sampling was done purposively by 115 respondents at outlet DR. Frozen Food, Sleman. Based on the factor analysis process, it was known that there were five factors that influenced decision of Ninajo/Faztifood product purchasing, they were consumer characteristic and product content factor, location of sale, product hygiene, product appearance, and price factor. Consumer characteristic and product content factor are the most dominant factors affected purchasing decision, which is 24.311%. Referring to result of factor analysis and segmentation, the suggested marketing mix strategy for FPU Mino Ngudi Lestari is to improve the packaging for Ninajo brand by mentioning product quality information, closer Faztifood product with target market where the target is lower-middle class people, and give promotion in form of procurement of wall poster at sales outlet by stating the product benefits, hence consumers are interested to buy.

Kata Kunci : Frozen Fish Processed Products, Purchase Decision, Factor Analysis


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.