Laporkan Masalah

INTEGRASI SWOT DAN QSPM UNTUK PENENTUAN STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING KERIPIK TAHU YUKA

WISNU RUS HARDIANTO, Prof. Dr. Ir. Moch. Maksum, M.Sc.; Ir. Suharno, M.Eng.,M.Eng.Sc.

2018 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Keripik tahu merupakan makanan khas dari Magelang yang dikembangkan pertama kali oleh Yuka. Dalam perjalanannya Yuka mengalami penurunan omzet seiring berkembang pesatnya usaha pesaing, sehingga membutuhkan strategi bersaing yang baru untuk bisa meningkatkan kembali omzetmya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menganalisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman Yuka dibandingkan pesaingnya yaitu Cahaya Tidar, 2) Menganalisa faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang mendukung daya saing Yuka, 3) Merumuskan dan menetapkan alternatif strategi untuk meningkatkan daya saing Yuka. Penelitian ini melalui tiga tahapan secara garis besar yaitu: 1) Evaluasi faktor internal dan faktor eksternal dengan menggunakan kuesioner pendahuluan, membandingkan SWOT Yuka dengan pesaing yaitu Cahaya Tidar, serta penyusunan matriks IFAS dan EFAS yang merupakan tahap input data. 2) Penyusunan matriks Internal-Eksternal (IE) dan penyusunan alternatif strategi pada matriks SWOT yang merupakan tahap pencocokan. 3) Menentukan alternatif strategi yang akan diterapkan melalui metode QSPM yaitu dengan mengukur tingkat ketertarikan masing-masing alternatif strategi terhadap faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan yang merupakan tahap pengambilan keputusan. Dari penelitian ini didapatkan keunggulan Yuka dibanding pesaingnya yaitu manajemen yang jelas, harga produk bersaing, modal pribadi, memiliki pembukuan keuangan, memiliki variasi bentuk, sudah memanfaatkan internet, memiliki hubungan baik dengan pemasok. Sedangkan kelemahannya adalah lokasi perusahaan tidak strategis, minimnya modal pengembangan usaha dan kapasitas maksimal produksi lebih kecil dibanding Cahaya Tidar. Kekuatan utama Yuka adalah produk yang berkualitas, sedangkan kelemahan utamanya adalah lokasi perusahaan yang tidak strategis. Peluang utama Yuka adalah memiliki reputasi produk yang bagus. Sedangkan ancaman utamanya adalah belum mampu mencapai daerah pasar potensial. Dari hasil analisis QSPM, alternatif strategi yang diprioritaskan untuk dilakukan oleh perusahaan adalah mempertahankan harga, meningkatkan kualitas dan jumlah produksi produk.

The tofu chips are typical food from Magelang that was first developed by Yuka. In recent years, Yuka's turnover decreased as the competitors turnover grows, thus requiring new competitive strategy to increase Yuka's turnover. The objectives of this research are 1) Analyze Yuka's strengths, weaknesses, opportunities and threats compared to his competitors: Cahaya Tidar, 2) Analyze internal and external environment factors that support Yuka's competitiveness, 3) Formulate and define alternative strategies to improve Yuka's competitiveness. This research was conducted through three stages: 1) Evaluation of internal factors and external factors by using preliminary questionnaires, comparing Yuka's SWOT with competitors ie Cahaya Tidar, and composing of IFAS and EFAS matrix which is the data input stage. 2) Composing of Internal-External matrix (IE) and composing alternatives strategy on SWOT matrix which is the matching stage. 3) To determine alternative strategies that will be applied through QSPM method that is by measuring the level of interest of each alternative strategy to internal and external factors of the company which is the stage of decision making. From this research, Yuka's advantage compared to its competitors are: good management system, competitive product price, personal source of fund, has a financial accounting, product variation, internet facility, good relationship with supplier and have supplier who can give discount. While the weakness are the location of the company is not strategic, the lack of business development capital and the maximum production capacity is smaller than Cahaya Tidar. Yuka's main strength is product quality, while its main weakness is its non-strategic location. Yuka's main chance is to have a good product reputation. While the main threat is not yet able to reach potential market areas. From the results of QSPM analysis, the priority strategy alternative to be carried out by the company is to maintain the price, improve the quality and quantity of product production.

Kata Kunci : EFAS, IFAS, Keripik tahu, QSPM, SWOT


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.