Laporkan Masalah

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LOKASI HOTEL BERDASAR STUDI KELAYAKAN INVESTASI MENGGUNAKAN METODE AHP, PROFILE MATCHING DAN SAW (STUDI KASUS : HOTEL di YOGYAKARTA)

RAMA SAHTYAWAN, Dr.tech Khabib Mustofa, S.Si., M.Kom; Dr. Agus Sihabudin, S.Si., M.Kom

2018 | Tesis | S2 Ilmu Komputer

Untuk memulai usaha perhotelan, investor harus selektif dalam memilih lokasi yang strategis dan menguntungkan. Terdapat banyak lokasi yang dapat menjadi pilihan. Akan tetapi dalam pemilihan tersebut ada beberapa faktor yang diperhatikan agar hotel tersebut meningkat jumlah wisatawannya sehingga dapat menghasilkan tingkat hunian kamar hotel yang optimal. Penelitian ini dilakukan untuk mencari solusi menentukan lokasi yang sesuai untuk dibangun sebuah hotel sehingga mendapatkan profitabilitas komersial yang paling menguntungkan. Untuk kesesuaian lokasi, kriteria yang digunakan antara lain, aksesibilitas, visiabilitas, tingkat persaingan, kedekatan tempat wisata, kedekatan dengan pusat kota, luas lokasi, harga tanah. Sedangkan untuk analisis studi kelayakan Investasi yang digunakan antara lain NPV (Net Present Value), ROI (Return On Investment), BCR (Benefit Cost Ratio), PBP (Payback Period), dan BEP (break even point). Terdapat dua proses yang dibutuhkan dalam pemilihan lokasi hotel antara lain: perhitungan bobot kesesuaian lokasi, analisis studi kelayakan investasi. Untuk menangani kedua proses tersebut terdapat tiga metode yaitu AHP (Analytical Hierarchy Process), Profile Matching dan SAW (simple additive weighting) yang dipertimbangkan karakteristiknya agar sesuai untuk diterapkan dalam sistem pendukung keputusan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ketiga metode di atas dapat diterapkan dalam pemilihan lokasi, AHP digunakan untuk perhitungan bobot, Profile Matching untuk Gap evaluasi lokasi. SAW digunakan untuk perankingan lokasi. Pengimplementasian metode AHP, Profile Matching dan SAW dapat menghasilkan keputusan SPK yang sesuai dengan pendapat pakar di bidang perhotelan.

To start hospitality industry, investor must be selective in choosing strategic and most profitable location. There are many locations to choose but there are also some factors that need to be considered in order to make number of hotel's guest increased. So that optimum hotel occupancy rate can be obtained. This research aims to determine the appropriate location to build a hotel which has the most commercial profitability. For the conformity of location, the criteria used are accessibility, visibility, level of competition, proximity of tourist locations and downtown, size and prize of land. While analysis of feasibility study on investment, the method used are NPV (Net Present Value), ROI (Return on Investment), BCR (Benefit Cost Ratio), PBP (Payback Period), and BEP (Break Even Period). There are two processes needed in the selection of hotel location, such as: weight calculation evaluation of location's conformity, and analysis of feasibility study on investment. To handle those three processes, there are two methods i.e. AHP (Analytical Hierarchy Process), Profile Matching and SAW(simple additive weighting) which its characteristics are considered whether it is appropriate to be applied in those processes or not. The results of the study showed that both methods above can not be used singly, but rather should be collaborated. AHP is used for the calculation of weight and Profile Matching for evaluation of the location and SAW is used for location ranking. Implementation of methods above will produce a SPK decision which is in accordance with the expert opinion in the field of hospitality.

Kata Kunci : Usaha Perhotelan, Variabel Lokasi, Analisis Studi Kelayakan Investasi, AHP, Profile Matching, SAW


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.