Laporkan Masalah

PEMANFAATAN CITRA PLEIADES DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK IDENTIFIKASI TINGKAT KEMACETAN LALU LINTAS DI SEBAGIAN RUAS JALAN PURWOKERTO

AJI WIBOWO SUTANDAR, Dr. R. Suharyadi, M.Sc.

2018 | Skripsi | S1 KARTOGRAFI DAN PENGINDRAAN JAUH

Kemacetan lalu lintas merupakan permasalahan kota yang umumnya terjadi akibat ketidakseimbangan antara volume lalu lintas terhadap kapasitas jalannya. Purwokerto bahkan menjadikan kemacetan lalu lintas sebagai permasalahan isu strategis regional. Perkembangan teknologi dalam disiplin keilmuan geografi disatu sisi menawarkan kemudahan untuk melakukan identifikasi terhadap permasalahan tersebut. Beberapa hal yang saling dikaitkan inilah yang kemudian menjadi dasar bagi penentuan tujuan penelitian yang dilakukan, yakni (1) Mengetahui akurasi hasil interpretasi beberapa variabel geometrik jalan dan penggunaan lahan dengan menggunakan citra Pleiades dengan kondisi sebenarnya di lapangan, (2) Mengetahui sebaran tingkat kemacetan yang ada di sebagian ruas jalan daerah kajian dalam tampilan peta. Objek geometrik jalan dan penggunaan lahan diperoleh dari proses interpretasi melibatkan unsur-unsur interpretasi. Hasil interpretasi tiap objek diperbandingkan dengan data hasil pengukuran lapangan untuk memperoleh akurasinya. Hasil interpretasi menjadi dasar bagi proses perhitungan kapasitas jalan, sedangkan volume lalu lintas diperoleh dari survai lapangan dengan teknik sampling purposive. Metode V/C Ratio digunakan untuk menetukan tingkat pelayanan jalan dan juga tingkat kemacetan lalu lintasnya. Metode tersebut berupaya membandingkan data volume lalu lintas dengan kapasitas jalan untuk menghasilakan kelas-kelas sesuai tetapan dari Manual Kapasitas Jalan Indonesia (1997). Hasil akurasi keseluruhan objek penggunaan lahan didapati sebesar 89%, 86% untuk objek geometrik jalan berupa lebar jalan, 95% jumlah lajur, 99,84% pembagian arah jalan. Nilai tersebut mencerminkan baiknya penggunaan citra Pleiades dalam proses identifikasinya. Sedangkan, penggunaan metode V/C Ratio berhasil membedakan beberapa kelas kemacetan lalu lintas dimana kemacetan tinggi seperti yang ada pada ruas jalan Bumiayu-Purwokerto (2%), tingkat kemacetan sedang (17%), dan tingkat kemacetan rendah (81%) yang mendominasi hampir seluruh ruas jalan diteliti.

Traffic congestion is a problem in the city that generally occurs due to imbalances between traffic volume and road capacity. Purwokerto even makes traffic congestion as a matter of regional strategic issues. The development of technology in geography on the one hand offers an easy way to identify the problems. Those reasons then determines the purpose of the research. The purpose of this research is (1) to know the accuracy of interpetation result of some geometric variables of road and land use using Pleiades imagery, (2) to know the distribution of congestion level in observed road. The land use and geometric objects of road is derived from the interpretation process involving the elements of interpretation. The results of each object's interpretation are compared with the field measurement data to obtain accuracy. The results of interpretation become the basis of road capacity calculation, while traffic volume is obtained from field survey with purposive sampling technique. The V / C Ratio method is used to determine the level of road service and the level of traffic congestion. The method attempts to compare traffic volume data with road capacity to produce the appropriate classes from the Indonesian Road Capacity Manual (1997). The results of the overall accuracy of the object of land use were found to be 89%, 86% for road geometric objects such as road width, 95% number of lanes, 99.84% of road division. Those values reflect the efficiency of Pleiades imagery in its identification process. Meanwhile, the use of the V / C Ratio method successfully distinguishes several traffic congestion classes where high congestion level is showed on the Bumiayu-Purwokerto road segment (2%), the medium congestion level rate (17%), and the low congestion level rate (81%) that dominates almost all observed road segments .

Kata Kunci : Citra Pleiades, Kemacetan Lalu-lintas, Kapasitas Jalan, Volume Lalu-lintas, Tingkat Pelayanan Jalan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.