Laporkan Masalah

Analisis Pengaruh Penerimaan Pajak Reklame di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pendekatan Data Panel Kabupaten dan Kota)

AMIN SYARIFUDIN, Latri Wihastuti, S.E., M.Sc.

2018 | Tugas Akhir | D3 EKONOMIKA TERAPAN SV

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa faktor PDRB, jumlah penduduk, dan Jumlah reklame yang ada di setiap kabupaten dan kota di wilayah provinsi DIY mempengaruhi penerimaan pajak reklame dari setiap kabupaten dan kota tersebut. Dalam penelitian ini digunakan analisis regresi linier berganda berbasis OLS. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu data penerimaan pajak reklame, jumlah penduduk, PDRB, dan jumlah reklame yang diperoleh dari dinas terkait. Data diuji dengan model regresi linier berganda yang diolah dengan aplikasi Eviews. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang mempengaruhi terhadap penerimaan pajak reklame di setiap kabupaten dan kota adalah PDRB dan jumlah reklame. Variabel jumlah penduduk tidak berpengaruh terhadap penerimaan pajak reklame.

The purpose of this research is to examine whether RGDP, total population, and total advertisement in the regency and city The Special Region of Yogyakarta affect their advertisement tax revenue. This using study uses analysis multiple liniear regression (OLS). The data used in this research are secondary data, namely advertisement tax income, GRDP, total population, and, number of advertisement. The data are examined using multiple liniear regression models with Eviews software data processing. Result of this study show that factors affecting for advertisement tax revenue in the regency and city in Special Region of Yogyakarta are RGDP and number of advertisement. Total population variable does not significant effect on advertisement tax revenue in the regency and city in Special Region of Yogyakarta.

Kata Kunci : Reklame, Pajak Reklame, Regresi, PDRB, Jumlah Penduduk, Data Panel atau Advertisement, Advertisement Tax, Regression, GRDP, Total Population, Panel Data


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.