Laporkan Masalah

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERTERIMAAN LINE PAY E-CASH MENGGUNAKAN PENDEKATAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY

NADHYA AZKA AULIA, Gunawan Wibisono, S.E., M.Acc., CA.

2018 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

LINE Pay e-Cash merupakan produk e-money sinergi antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan LINE Indonesia yang telah beredar di Indonesia sejak akhir 2016. Pada tahun pertama diluncurkannya, LINE Pay e-Cash menargetkan pengguna sebanyak 3 juta. Angka tersebut terbilang besar, tetapi jika dibandingkan dengan total pengguna aplikasi LINE yang mencapai 90 juta pengguna, dengan 30 juta diantaranya sebagai pengguna aktif, angka tersebut terbilang masih kecil. Oleh karena itu, penelitian ini meneliti faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberterimaan LINE Pay e-Cash dengan menggunakan teori Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), yang menilai keberterimaan suatu sistem dengan mengukur 6 variabel yaitu ekspektasi kinerja (performance expectancy), ekspektasi usaha (effort expectancy), pengaruh sosial (social influence), kondisi pemfasilitasi (facilitating conditions), niat perilaku (behavioral intention), dan perilaku penggunaan (use behaviour). Metode Structural Equation Model (SEM) digunakan untuk menganalisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa ekspektasi usaha dan pengaruh sosial berpengaruh positif terhadap niat perilaku serta kondisi pemfasilitasi dan niat perilaku berpengaruh positif terhadap perilaku penggunaan. Akan tetapi, ekspektasi kinerja tidak berpengaruh positif terhadap niat perilaku.

LINE Pay e-Cash is an e-money product from PT Bank Mandiri (Persero) Tbk and LINE Indonesia collaboration which launched in Indonesia since the end of 2016. In its first year of launch, LINE Pay e-Cash targeted 3 million users. The figure seemed large, but when compared to the total LINE app users who reached 90 million users, with 30 million of them as active users, the figure is still small. Therefore, this study examines what factors affect the acceptance of LINE Pay e-Cash by using the theory of Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), which assesses user acceptance of a system by measuring 6 variables of performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, behavioral intentions, and use behavior. Structural Equation Model (SEM) method is used to analyze data used in this research. From this research, it is found that effort expectancy and social influence have a positive effect on behavioral intention as well as facilitating condition and behavioral intention have positive effect to use behavior. However, it is found that performance expectations have no positive effect on behavioral intention.

Kata Kunci : E-Money, User Acceptance, UTAUT, Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Condition, Behavioral Intention, Use Behavior, SEM


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.