Laporkan Masalah

Pengaruh Karakteristik Produk, Manajemen dan Organisasi, Pasar, Inovasi, dan Berbagi Pengetahuan Terhadap Kesuksesan Produk

TRIFANDI LASALEWO, Ir. Subagyo, Ph.D.; Budi Hartono, ST., MPM., Ph.D.; Hari Agung Yuniarto, ST., M.Sc., Ph.D.

2018 | Disertasi | S3 ILMU TEKNIK MESIN

Penelitian-penelitian terdahulu tentang produk sukses mengungkapkan beberapa variabel yang berkontribusi terhadap kesuksesan produk yakni karakteristik produk, karakteristik manajemen dan organisasi, serta karakteristik pasar. Selain tiga variabel ini, terdapat dua variabel mediasi lain yang berkontribusi tidak langsung terhadap kesuksesan produk, yakni inovasi, dan aktivitas berbagi pengetahuan di dalam organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk membangun model teoritis yang menggambarkan hubungan kelima variabel ini dan dampaknya terhadap kesuksesan produk, serta merekomendasikan model yang dapat digunakan untuk mengkaji kesuksesan produk. Pengembangan model dilakukan dalam enam tahap. Pada tahap pertama, membangun model penelitian berbasis literatur, yakni membangkitkan semua aspek (variabel) yang berkontribusi terhadap kesuksesan produk, berdasarkan hasil temuan penelitian-penelitian terdahulu. Tahap kedua, mengidentifikasi variabel penelitian dengan tabulasi dan meta-analisis korelasi. Pada tahap kedua ini, aspek-aspek yang berkontribusi terhadap kesuksesan produk, disusun menjadi 5 variabel dan 20 prediktor. Tahap ketiga, merancangan instrumen penelitian untuk menguji hubungan kelima variabel terhadap kesuksesan produk. Tahap ketiga terdiri atas proses translasi instrumen penelitian menggunakan metoda tujuh langkah translasi Brislin, serta membuat operasionalisasi variabel-variabel penelitian agar dapat diukur. Tahap keempat, melakukan uji coba instrumen penelitian melalui pilot study yang dilakukan secara kualitatif maupun kuantitatif. Tahap kelima, mengumpulkan sampel pada sepuluh kelompok Industri Kecil Menengah di wilayah D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Tahap keenam, melakukan pengolahan data dan intepretasi data. Tahap keenam terdiri atas pemeriksaan data, pengolahan data dengan software, uji coba model dengan 5-fold cross validation, membangun model akhir dengan CFA (confirmatory factor analysis), dan menguji kelayakan model menggunakan indeks goodness of fit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel karakteristik produk, karakteristik manajemen dan organisasi, serta variabel karakteristik pasar berdampak terhadap kesuksesan produk. Adapun karakteristik manajemen dan organisasi tidak memiliki dampak langsung terhadap inovasi. Karakteristik manajemen dan organisasi akan berdampak langsung terhadap aktivitas berbagi pengetahuan di dalam perusahaan, yang selanjutnya akan mendorong terjadinya inovasi. Kegiatan inovasi inilah yang akan membentuk karakteristik produk, dan karakteristik produk akan berdampak terhadap kesuksesan produk. Adapun hasil penelitian berupa model penelitian dapat diterapkan dalam usaha kecil dan menengah, guna pengambilan keputusan strategis internal perusahaan, agar mampu menghasilkan produk sukses.

Previous studies of successful products have revealed some variables that contribute to product success, including product characteristics, management and organizational characteristics, and marketplace characteristics. In addition to these three variables, there are two others that indirectly contribute to product success, i.e. innovation and knowledge sharing within organization. This study was aimed at building a theoretical model that describes the relationship between these five variables and their impact on product success, as well as recommending a model to be used to assess product success. The model development was done in six stages. The first stage was building a literature-based research model that evokes all aspects (variables) contributing to product success. The second stage was identifying research variables using tabulation and correlation meta-analysis. In this stage, the aspects contributing to product success were organized into 5 variables and 20 predictors. The third stage was designing research instruments to investigate the relationship of the five variables with the product success. This stage included the translation of research instruments using the Brislin�s seven-step translation method and the operationalization of research variables to make them measurable. The fourth stage was examining the research instruments through pilot study, including qualitative and quantitative tests. The fifth stage was collecting sample data on ten small and medium scale industry groups in Yogyakarta, Central Java, and West Java. The sixth stage was processing and interpreting the collected data. This stage included data checking, data processing using software, model testing using 5-fold cross validation, final model building using CFA (confirmatory factor analysis), and model feasibility testing using goodness-of-fit index. The findings of this research has demonstrated that variables of product characteristics, management and organizational characteristics, and marketplace characteristics do impact the product success. However, the marketplace characteristics do not exert direct influence on innovation, but will directly on the knowledge sharing activities inside the company, which would promote the coming-into-being of innovation. The innovation will create product characteristics so that typical product characteristics will have an impact on product success. This research model can be applied in small and medium enterprises, especially for the internal strategic decision making to produce a successful product.

Kata Kunci : karakteristik produk, karakteristik manajemen dan organisasi, karakteristik pasar, inovasi, berbagi pengetahuan, kesuksesan produk


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.