Laporkan Masalah

Analisis Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas dan Penanganannya di Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono, M.Sc Jakarta

AKBAR ADHITYA MUSLIM, Nursyamsu Hidayat, ST., MT., Ph.D;Suwardo, ST., MT., Ph.D

2018 | Tugas Akhir | D4 TEKNIK PENGELOLAAN DAN PEMELIHARAAN INFRASTRUKTUR SIPIL

Suatu lokasi di sebuah ruas jalan yang sering terjadi kecelakaan dapat dikatakan sebagai lokasi rawan kecelakaan (Blackspot). Kurangnya pengawasan terhadap lokasi tersebut adalah salah satu penyebab berulangnya kecelakaan lalu lintas yang terjadi. Pada lokasi rawan kecelakaan harus ada penanganan yang sesuai agar dapat menurunkan angka kecelakaan di lokasi tersebut. Metode yang digunakan dalam penentuan lokasi rawan kecelakaan adalah metode frekuensi, metode angka ekivalen kecelakaan dengan batas kontrol atas dan metode tingkat kecelakaan dengan statistik kendali mutu (upper control limit). Penanganan yang direkomendasikan pada lokasi rawan kecelakaan disesuaikan dengan karakteristik kecelakaan dominan pada lokasi tersebut. Penentuan karakteristik kecelakaan dominan menggunakan pendekatan analisa data dimana analisis dilakukan dengan memilih karakteristik kecelakaan dominan pada suatu lokasi yang mendapatkan presentase tertinggi kemudian dibandingkan dengan karakteristik kecelakaan untuk semua ruas jalan lalu dilakukan Uji�Z. Hasil penentuan lokasi rawan kecelakaan Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono, M.Sc tahun 2014-2016 didapatkan lokasi yang teridentifikasi sebagai lokasi rawan kecelakaan pada ketiga metode tersebut dengan penggabungan menggunakan diagram venn serta penanganan yang dapat diberikan pada lokasi tersebut adalah km 21-22 jalur A perlu pemasangan rambu peringatan tikungan ganda, km 3-4 jalur B perlu pengawasan lebih bagi pengemudi dengan kendaraan minibus, km 7-8 Jalur B perlu pengawasan lebih pada pukul 12.01-18.00 dan untuk km 0-1 jalur A, km 56 jalur B tidak ada usulan penanganan secara khusus karena karakteristik kecelakaan tidak lulus uji hipotesis atau uji normal.

A site on a frequent accident site can be said to be an accident-prone location (blackspot). Lack of supervision on the location is one of the causes of recurrence of traffic accidents that occurred. Blackspots should have the appropriate countermeasures in order to reduce the number of accidents on the location. The methods used in the determination of blackspots were the frequency method, the equivalent accident number method with upper control limits and the accident rate method with the quality control statistic. The countermeasures that recommended at the blackspots were adjusted for the dominant accident characteristics of the site. The determination of dominant accident characteristics used the data analysis approach where the analysis is done by choosing the dominant accident characteristics at a location which get the highest percentage then compared with the accident characteristic for all road segments and performed the Test-Z. The results of determining the blackspots on Ir. Wiyoto Wiyono, M.Sc tollroad on 2014-2016 obtained the location identified as blackspots in the three methods by merging the data using Venn diagram and countermeasures that can be given at that locations is km 21-22 which need to install the double bend warning signs, km 3-4 lane B need more supervision for the driver with minibus vehicles, km 7-8 lane B need more supervision for 12.01-18.00 o�clock and km 0-1 lane A, km 5-6 lane B lane B which need no special countermeasures proposals because the accident characteristics did not pass the hypothesis test or normal test.

Kata Kunci : Lokasi Rawan Kecelakaan, Blackspot, Tingkat Kecelakaan, Angka Ekivalen Kecelakaan, Statistik Kendali Mutu, Upper Control Limit, Batas Kontrol Atas


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.