Laporkan Masalah

PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN CV BUMEN ALAM INDAH DI DESTINASI JEMBANGAN WISATA ALAM KABUPATEN KEBUMEN

SRI WINAHYU NIVAI, Prof. Dr. Marsono, S.U.

2018 | Skripsi | S1 PARIWISATA

Destinasi Jembangan Wisata Alam (JWA) merupakan salah satu destinasi wisata berupa waduk di Kabupaten Kebumen. Destinasi JWA dikelola oleh CV Bumen Alam Indah yang bekerjasama dengan penduduk Desa Wisata Jembangan. Destinasi ini telah dikembangkan dengan baik oleh pihak pengelola, demi memberikan pelayanan yang lebih baik dan memuaskan bagi pihak konsumen, yaitu wisatawan. Kinerja yang baik dalam bidang pelayanan perlu dipertahankan dan ditingkatkan agar tingkat kepuasan wisatawan meningkat dengan stabil. Tingkat kepuasan tersebut berhubungan dengan tingkat kunjungan dan tingkat pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat kepuasan wisatawan berdasarkan kualitas pelayanan yang diberikan CV Bumen Alam Indah selaku pengelola JWA, (2) Menemukan faktor-faktor pelayanan yang belum memberikan kepuasan bagi wisatawan, dan (3) Menemukan faktor pelayanan yang paling mempengaruhi kepuasan wisatawan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dari penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden. Hasil penelitian didapatkan dengan menganalisis data ke dalam rumus indeks kepuasan pelanggan (IKP). Hasil penelitian adalah (1) Wisatawan telah merasa puas dengan nilai IKP sebesar 74,76%. (2) Faktor pelayanan yang masih perlu dikembangkan adalah faktor kehandalan, item keterjangkauan biaya, karena meskipun telah termasuk memuaskan, namun besar nilai IKP item faktor tersebut hanya 65,60%, dan (3) Faktor pelayanan yang paling mempengaruhi kepuasan wisatawan adalah faktor bukti fisik, dengan nilai IKP sebesar 77,98%.

The destination Jembangan Nature Tour (JWA) is one of tourist destination in the form of a lake in Kebumen Regency. JWA destination is developed by CV Bumen Alam Indah which is cooperated with villagers of Jembangan Tourism Village. This destination has been developed well by the developers, so it's able to serve good and satisfying service for the consumers, that is tourists. Good performance in service field needs to be kept up and improved so that tourist satisfaction rate increase stably. The satisfaction rate is related to visit rate and income rate. This Research aims to (1) Acknowledge the satisfaction rate based on service quality served by CV Bumen Alam Indah as the developer of JWA, (2) Find which factors that haven't given satisfactions to the tourists, and (3) Find which service factor considered to influence tourists' satisfaction the most. This research is a quantitative research. Data were collected by spreading questioners to 100 respondents. The results were gotten by analyzing data into Customer Satisfaction Index (CSI). The results are (1) Tourists have been satisfied with the CSI's value is 74.76% and (2) Service factor that still needs to be developed is the item affordable price of reability factor, because even though it's been satisfying, the CSI's value is still 65.60%, and (3) Service factor considered to influence tourists' satisfaction the most is tangible factor, and its CSI's value is 77.98%.

Kata Kunci : kepuasan, pelayanan, kualitas pelayanan, wisatawan, satisfaction, service, service quality, tourist


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.