Laporkan Masalah

PURWARUPA SISTEM KENDALI KESTABILAN KETINGGIAN DAN KECEPATAN PESAWAT TANPA AWAK SAYAP DELTA MENGGUNAKAN KENDALI PID

ADE NUGROHO, R. Sumiharto, S.Si., M.Kom.;Setyawan Bekti W. ST., M.Eng.

2018 | Skripsi | S1 ELEKTRONIKA DAN INSTRUMENTASI

Proses pembuatan pesawat merupakan proses terpenting, hal ini dikarenakan pada proses pembuatan bagian-bagian vital pesawat sedang dibentuk dan dapat mempengaruhi karakteristik terbang pesawat yang dapat berpengaruh pada sistem kendali pesawat, sehingga perlu adanya penelitian tentang sistem kendali kestabilan ketinggian dan kestabilan kecepatan pada pesawat tanpa awak hasil buatan sendiri (homemade) agar dapat mempertahakan ketinggian dan kecepatan dengan menerapkan sistem kendali PID. Pada penelitian ini telah diimplementasikan sebuah sistem kendali ketinggian dan kecepatan terbang pada pesawat tanpa awak sayap tetap dengan konfigurasi sayap delta menggunakan kendali PID. Kendali PID digunakan sebagai pengatur putaran motor utama (throttle) untuk mengendalikan kecepatan pesawat. Kendali PID juga digunakan pada sistem gerak pesawat (elevons) untuk mengatur gaya angkat pada pesawat agar ketinggian pesawat tetap terjaga. Konstanta kendali PID yang digunakan diperoleh dengan menggunakan metode tunning PID metode kedua penalaan Ziegler-Nichols dan tabel penalaran Ziegler-Nichols. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penalaan parameter PID ketinggian dan kecepatan sistem kendali pesawat, tipe kendali PID memberikan respon kendali terbaik untuk kendali kecepatan sedangkan tipe kendali PI memberikan respon kendali terbaik untuk kendali ketinggian. Tipe kendali PI ketinggian dengan nilai Kp 6,57, Ki 13,14, dan Kd 0 memberikan respon rise time 0,1 detik dan settling time 0,5 detik. Tipe kendali PID kecepatan dengan nilai Kp 4,8, Ki 8, dan Kd 0,72 memberikan respon rise time 0,2 detik dan settling time 0,4 detik.

The unmanned aerial vehicle manufacturing process is the most important process, this is because the vital parts of the aircraft is being formed and can affect the aircraft flying characteristics that can affect the aircraft control system, so that the need for research on the system of stability control of altitude and speed stability on unmanned aircraft homemade results in order to maintain altitude and speed by implementing a PID control system. Prototype control system for stability altitude and airspeed has been implemented on this research for unmanned aircraft with delta wing configuration using Proportional Integral Derivative (PID) control. Altitude control and airspeed control are required by unmanned aircraft to keep altitude and velocity maintained at the same time the unmanned aircraft perform mission with automatic control. PID control is used as throttle main controller to control the airspeed of the aircraft. PID control is also used in elevons system to adjust the lift force on the aircraft to keep the aircraft aloft. The PID control constant used was obtained by using the PID tunning method of the second tunning method Zeigler-Nichols reasoning table. The resutls obtained in this research show that based PID tunning parameters of altitude and airspeed of the aircraft control system, the PID control type provide the best control response for airspeed control while the PI control type provides the best control response for altitude control. Altitude PI control type with Kp value 6,57, Ki value 13,14, and Kd value 0 provides a rise time response of 0,1 second and settling time of 0,5 second. Airpeed PID control type with Kp value 4,8, Ki value 8, and Kd value 0,72 provides a rise time response of 0,2 second and settling time time of 0,4 seconds.

Kata Kunci : Homemade, Throttle, Elevons, Ziegler-Nichols


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.