Laporkan Masalah

KONSTRUKSI ONTOLOGI DUNIA SOSIAL MENURUT PEMIKIRAN JOHN R. SEARLE

MOHAMMAD IMANUDIN, Dr. Rr. Siti Murtiningsih

2018 | Skripsi | S1 ILMU FILSAFAT

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pemikiran John R. Searle tentang konstruksi ontologi dunia sosial. Pemikiran John R. Searle tentang konstruksi ontologi dunia sosial ini dapat ditempatkan dalam suatu kajian bernama Ontologi Sosial. Ontologi Sosial adalah suatu kajian yang menyelidiki apa yang ada di dalam dunia sosial. Ontologi Sosial juga menyelidiki esensi bersama yang dimiliki oleh entitas-entitas sosial, yang oleh karenanya menjadikan entitas-entitas tersebut sebagai entitas-entitas sosial. Persoalan-persoalan yang diangkat oleh kajian Ontologi Sosial muncul sebagai tanggapan atas anggapan yang mengemukakan bahwa keberadaan entitas sosial dapat direduksi kepada keberadaan entitas non-sosial, seperti entitas fisikal atau individu manusia. John R. Searle adalah salah satu eksponen di dalam kajian ini yang berupaya menunjukkan hubungan kesatuan tanpa pengidentikan antara entitas sosial dan entitas non-sosial. Penelitian ini menggunakan model penelitian historis faktual tentang tokoh. Objek material penelitian adalah kajian Ontologi Sosial berserta persoalan-persoalan yang diangkatnya, terutama tentang modus keberadaan dari entitas sosial.Sementara objek formal penelitian ini adalah pemikiran-pemikiran pokok dari John R.Searle yang relevan terhadap kajian ontologi sosial. Adapunpenelitian ini merupakan studi pustaka yang mengikuti beberapa tahapan: inventarisasi, klasifikasi, analisis, dan penyusunan hasil, dan diolah dengan menggunakan beberapa unsur metodis filosofis yaitu, interpretasi, koherensi internal dan heuristik. Penelitian ini akan menunjukkan bagaimana dunia sosial secara ontologis dikonstruksi. Melalui perangkat teoretisnya seperti pengenaan fungsi, intensionalitas kolektif, dan aturan konstitutif, Searle menunjukkan bagaimana fakta institusional diciptakan. Berdasarkan analisisnya, modus keberadaan dari fakta institusional itu bersifat linguistik. Fakta institusional ada karena direpresentasikan ada, dan perangkat untuk merepresentasikan keberadaan fakta institusional adalah bahasa. Fakta institusional disebut memiliki kekuatan/kuasa deontik yang menyediakan alasan yang-mandiri-dari-keinginan untuk bertindak. Kekuatan/kuasa deontik adalah perekat yang mengikat masyarakat.

This research aims to describe the construction of ontology from social world in Searle's thought. Searle's thought on the construction of ontology from social world can be located in the discipline called Social Ontology. Social Ontology is the investigation of all that is in the social domain. It also investigate what social entities have in common by virtue of their being social entities. The problems of Social Ontology emerged as a response to the views that the existence of social entity can be reduced to the existence of non-social entity, such as physical entity or individual human being. John R. Searle is one of the exponent of Social Ontology who attempts to show a relation of unity without identity, between social and non-social entity. The research uses philosopher factual-historical research model. The subject matter of this research is Social Ontology along with its problems, especially about mode of existence of social entity. The formal object of this research is Searle's main philosophical thought which relevant to Social Ontology. This research is a literature study that follows steps such as: inventory, classification, analysis, and result compilation, and processed with several philosophical methods and techniques such as interpretation, internal coherency, and heuristic. This research will shows how social world ontologically is constructed. Through his theoritical apparatus, namely imposition of function, collective intentionality, and constitutive rule, Searle shows how institutional fact is created. According to his analysis, mode of existence of institutional fact is linguistic. It exists only because it is represented as existing, and the device to represent its existence is language. Searle thinks that institutional facts have deontic power that gives desire-independent reason for action. Deontic power is the glue that holds society.

Kata Kunci : Ontologi Sosial, John R. Searle, Fakta Institusional/ Social Ontology, John R. Searle, Institutional Fact


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.