Laporkan Masalah

MEDIA BARU DAN KOMUNIKASI ORGANISASI (Studi Kasus pada Manajemen Komunikasi dalam Pengelolaan Portal Kolaborasi sebagai Sarana Komunikasi Internal pada Badan Pemeriksa Keuangan periode Januari 2016 - Juni 2017)

DIANDINI ROOSHANTI, Novi Kurnia, M.Si., M.A., Ph.D.

2017 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi

ABSTRAK Portal Kolaborasi merupakan salah satu sarana komunikasi internal formal dan terstruktur yang dimiliki Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam menyelaraskan kebutuhan organisasi atas pertukaran data, informasi, dan proses komunikasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Sebagai media baru yang bertransformasi pada fungsi produksi, distribusi, display dan penyimpanan informasi, portal kolaborasi diharapkan dapat merubah bentuk interaksi dan komunikasi, perilaku pelaksana BPK, serta menciptakan kultur organisasi yang positif. Pengelolaan portal kolaborasi dilakukan oleh Biro Teknologi Informasi dan didukung oleh para pengelola dari seluruh satuan kerja. Pengelolaan dan pengimplementasian portal kolaborasi ini tentunya memerlukan serangkaian proses manajemen komunikasi yang sistematis dan komprehensif, mencakup tahapan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan, yang telah dilakukan oleh manajemen BPK pada periode Januari 2016 sampai dengan Juni 2017. Dengan metode studi kasus menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan penelusuran dokumen, penelitian ini berupaya menjelaskan semua hal yang berkaitan dengan pengelolaan dan pengimplementasian media baru berupa portal kolaborasi. Selain itu, penelitian ini juga mencakup kebermanfaatan portal kolaborasi sebagai sarana komunikasi internal yang dilihat dari sudut pandang penggunaan berkolaborasi dengan seluruh satuan kerja, penggunaan di internal satuan kerja, dan penggunaan perorangan sebagai pelaksana BPK. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk memenuhi kebutuhan data dan informasi publik internal, pengelolaan portal kolaborasi telah dilakukan sesuai dengan tahapan manajemen komunikasi. Meskipun pengelolaan dan implementasi telah berjalan baik dalam hal perencanaan dengan menganalisis permasalahan pada proses komunikasi internal, penetapan sasaran dan tujuan utama, serta evaluasi terhadap pengelolaan portal kolaborasi. Namun demikian, masih perlu mendapat perhatian dalam hal kesadaran pelaksana BPK atas keberadaan portal kolaborasi, substansi konten yang belum terstruktur sebagai dampak belum ditetapkannya perangkat aturan, serta sinkronisasi antara Biro Teknologi Informasi sebagai fasilitator penyedia instrumen komunikasi dan Biro Humas dan Kerja Sama Internasional sebagai pengelola informasi internal.

ABSTRACT Collaboration Portal is one of formal and structured internal communication media that belongs to The Audit Board of The Republic of Indonesia (BPK) to adjust the organization's need for data and information exchange and communication process with the development of information and communication technology nowadays. As a new media which had transformation in usage of production, distribution, display, and storage of information, collaboration portal hopefully can create the new form of interaction and communication, user (BPK implementers) behaviour, and also to create positive culture organization. Collaboration Portal managed by Information Technology Bureau, and supported by the whole division of work in BPK. The management and implementation of collaboration portal need systematic and comprehensive communication process, which includes planning, organization, actuating, and controlling, which held by BPK in the period of Januari 2016 until June 2017. By using the case study method with interviews, observations, and document tracking as data collection techniques, this research try to explain all matters related to management and implementation of new media, Collaboration Portal. This research also includes the use of Collaboration Portal as a means of internal communication seen from collaboration with all units of work usage, internal unit of work usage, and individual usage as BPK implementers point of view. The results of this research indicates that portal collaboration management to fulfill the need of data and internal public information has been done in accordance with the stages of communication management. Although the management and implementation is going well in terms of planning by analyzing the internal communication problems, determining of goals and objectives, and evaluating of collaboration portal management. However, BPK still need to pay attention to the awareness of BPK implementers over the existence of a collaboration portal, unstructured content substance as the impact of the rules has not been set, and synchronization between Information Technology Bureau as facilitator of a communication instrument provider and Public Relations and International Cooperation Bureau as internal information manager.

Kata Kunci : Kata Kunci : manajemen komunikasi, media baru, portal kolaborasi, komunikasi internal./Keywords : communication management, new media, collaboration portal, internal communication.

  1. S2-2017-390380-abstract.pdf  
  2. S2-2017-390380-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-390380-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-390380-title.pdf