Laporkan Masalah

Persepsi Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Belanja Online (Studi Pada Faktor Kebudayaan dan Sosial)

HERAWATI DWI ASTUTI, Dra. Susi Daryanti, M.Sc.

2017 | Skripsi | S1 ILMU PEMBANGUNAN SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN (SOSIATRI)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Gadjah Mada melalui belanja online produk fashion. (2) Mengetahui pengaruh faktor kebudayaan dan faktor sosial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Gadjah Mada melalui belanja online produk fashion. Budaya konsumtif yang tinggi di kalangan mahasiswa saat ini menjadi peluang bisnis bagi para pelaku bisnis online shop. Konsumtif adalah keinginan seseorang untuk mengkonsumsi barang-barang yang sebenarnya kurang diperlukan secara berlebihan untuk mencapai kepuasan maksimal. Sehingga apa yang dilakukan para mahasiswa seperti berbelanja produk fashion melalui online shop untuk mendapatkan kepuasan dan memenuhi gaya hidup yang tinggi merupakan tindakan konsumtif. Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survey, dimana peneliti menggunakan kuisioner dan kuisioner tersebut diisi oleh responden yang dituju. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik non probability sampling yaitu judgmental sampling/purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 60 responden. Responden penelitian adalah mahasiswa UGM yang tergolong berperilaku konsumtif dengan berbelanja online produk fashion. Analisis data menggunakan metode statistik deskriptif, terdiri dari regresi dan uji hipotesis.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kebudayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UGM melalui belanja online produk fashion. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung (2.197) > t tabel (2.003) dengan alfa= 0,05. (2) Faktor sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UGM melalui belanja online produk fashion. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung (3.813) > t tabel (2.003) dengan alfa= 0,05. (3) Variable kebudayaan dan faktor sosial secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UGM melalui belanja online produk fashion. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung (8.618) > F tabel (3.162).

This study aims to identify: (1) Consumer Behavior of Gadjah Mada University students through online shopping of fashion products. (2) The influence of cultural factors and social factors on consumer behavior of Gadjah Mada University students through online shopping of fashion products. A high consumptive culture among students is now business opportunity for the online shopper. Consumptive is a person's desire to consume goods that are actually less needed excessively to achieve maximum satisfaction. So, the students like shopping fashion products through the online shop to get satisfaction and meet a high lifestyle is a consumptive action. Researchers in doing this research using quantitative descriptive approach. Data collection techniques using survey method, where researchers used questionnaires and questionnaires are filled by the intended respondents. Sampling technique used in this research is non probability sampling technique that is judgmental sampling/purposive sampling. The number of samples used in this study were 60 respondents. Research respondents are UGM students who are categorized consumptive behavior by shopping online fashion product. Data analysis using descriptive statistic method, consist of regression and hypothesis test. The results of this study indicate that: (1) Culture affects positively and significantly to consumer behavior UGM students through consumptive behavior fashion products. This can be seen from the value of t arithmetic (2.197) > t table (2003) with Alfa= 0.05. (2) Social factors have a positive and significant impact on consumer behavior of UGM students through online shopping of fashion products. This can be seen from the value of t arithmetic (3.813)> t table (2003) with alfa= 0.05. (3) Cultural variables and social factors together influence positively and significantly toward consumer behavior of UGM students through online shopping of fashion products. This can be seen from the value of F arithmetic (8.618)> F table (3.162).

Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, Kebudayaan, Faktor Sosial, Belanja Online