Laporkan Masalah

Manajemen Laba dan Biaya Penerbitan Obligasi Korporasi Baru; Studi pada Pasar Obligasi Indonesia

MUHAMMAD IZZUDDIN, Sri Handaru Yuliati, Dra., M.B.A.

2017 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh manajemem laba pada suatu perusahaan terhadap biaya penerbitan obligasi baru oleh perusahaan tersebut. Terdapat dua ukuran biaya penerbitan obligasi baru, yaitu peringkat kredit serta tingkat kupon obligasi korporasi. Manajemen laba sendiri terbia menjadi dua bentuk, yaitu manajemen laba berbasis akrual dan manajemen laba riil. Sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini mencakup 201 obligasi korporasi yang diterbitkan oleh 56 perusahaan non lembaga keuangan selama periode 1995-2016.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa masing-masing dari dua bentuk manajemen laba memengaruhi peringkat kredit serta tingkat kupon obligasi korporasi secara signifikan dengan tanda positif. Selain itu, biaya penerbitan obligasi korporasi baru juga dipengaruhi secara signifikan oleh ukuran perusahaan penerbit, market-to-book ratio, dan jumlah total penawaran obligasi.

This study aims to examine the effect of the firm's earnings management on the cost of issuing new bonds by said company. There are two measures of the cost of new corporate bonds, namely credit rating and coupon rate. Earnings management is divided into two forms, namely accrual earnings management and real earnings management. The samples involved in this study include 201 corporate bonds issued by 56 non-financial corporations during the period 1995-2016. The results of this study show that there are positive significant correlations between each of the two forms of earnings management and credit rating as well as the coupon rate. In addition, the cost of issuing new corporate bonds is also significantly affected by the size of the issuing company, the market-to-book ratio, and the total amount of bond offerings.

Kata Kunci : obligasi, obligasi korporasi, peringkat kredit, tingkat kupon, yield spread, manajemen laba, manajemen laba berbasis akrual, manajemen laba riil