Laporkan Masalah

ANALISIS ANTESEDEN DAN KONSEKUENSI KECINTAAN MEREK PADA PRODUK SMARTPHONE

RAYYANA ATSALISA R., Bayu Aji Aritejo, S.E., M.M., M.Si., Ph.D.

2017 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat dipengaruhi oleh kecintaan konsumen terhadap suatu merek smartphone. Penelitian ini terlebih lagi bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang sebelumnya diabaikan pada penelitian sebelumnya yang terdiri dari ekspresi dalam diri pada merek, ekspresi sosial pada merek, kepuasan merek, loyalitas merek, kesediaan membayar harga premium dan rasa memaafkan. Responden dari penelitian ini adalah Warga Negara Indonesia yang bertempat tinggal di Yogyakarta dan memiliki pengalaman memiliki dan menggunakan smartphone minimal lebih dari satu bulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ekspresi dalam diri pada merek, ekspresi sosial pada merek, produk hedonik dan kepuasan merek berpengaruh pada kecintaan merek. Di lain sisi, kecintaan merek berpengaruh terhadap getok tular, loyalitas merek, kesediaan membayar harga premium dan rasa memaafkan. Dari hasil penelitian ini perusahaan-perusahaan diharapkan dapat memfokuskan sumber daya yang dimilikinya untuk mengembangkan faktor-faktor yang benar-benar mempengaruhi kecintaan merek.

This research aims to identify the factors that could influence customers preferance towards a smartphone and the effect of using it consist of expressiveness on brand (inner self), expressiveness on brand (social self), brand satisfaction, brand loyalty, willingness to pay a premium, and sense of forgiveness which were once ignored in previous researches. The sample of this research is Indonesian citizens who live in Yogyakarta and own a smartphone with an experience of using it at least for 1-month. The result found that expressiveness on brand (inner self), expressiveness on brand (social self), hedonic product, and brand satisfaction influenced customers preference towards a brand love. However, a brand love influenced word of mouth, brand loyalty, willingness to pay a premium and sense of forgiveness. This research is expected to give input for companies to focus on its resources and improve the factors which can increase customers brand love.

Kata Kunci : Ekspresi Dalam Diri Pada Merek, Ekspresi Sosial Pada Merek, Produk Hedonik, Kepuasan Merek, Kecintaan Merek, Getok Tular, Loyalitas Merek, Kesediaan Membayar Harga Premium, Rasa Memaafkan, Smartphone