Laporkan Masalah

Dinamika Komunikasi Organisasi Dalam Perubahan Status Organisasi Perguruan Tinggi. Studi Kasus Dinamika Komunikasi Organisasi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta Dalam Perubahan Status Menjadi Perguruan Tinggi Negeri

M. IMRON ROSYADI, Dr. Muhamad Sulhan, M.Si ; Dr. Widodo Agus Setianto, M.Si

2017 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi

ABSTRAK Persoalan dinamika komunikasi yang ada di UPN Veteran Yogyakarta tentu tidaklah mudah untuk dilakukan, mengingat banyaknya publik yang ada di dalamnya. Setiap publik pastilah mempunyai kepentingan yang berbeda-beda. Dibutuhkan adanya rasa saling menghargai dan menghormati antara satu publik dengan lainnya untuk mensinergiskan seluruh kepentingan yang ada ke dalam satu tujuan. Komunikasi pada dasarnya bisa dipahami sebagai sebuah cara bagi setiap organisasi dan elemen-elemen di dalamnya untuk saling bersinergi dan membangun hubungan kerja yang efektif satu sama lain, ini menjadi fokus utama dari setiap organisasi yang berkembang untuk sebuah tujuan bersama. Dalam organisasi yang menuju pada proses tujuan jangka panjang atau proses perubahan, komunikasi sangat berperan pada proses perubahan suatu organisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penyampaian pesan perihal kebijakan Dalam Perubahan Status Organisasi Perguruan Tinggi tidak mudah, khususnya kebijakan yang berhubungan dengan kejelasan status karyawan yang belum jelas. Dikatakan tidak mudah, (1) program kebijakan ini dilahirkan setelah terjadi permasalahan ditengah-tengah pegawai Universitas yang tidak berstatus pegawai negeri sipil, (2) adanya ketidakpercayaan pada pemerintah maupun program pemerintah dalam hal keberpihakan atas kepentingan tidak berstatus pegawai negeri sipil (3) adanya kelompok-kelompok yang belum mendapatkan kejelasan mengenai status mereka (4) meskipun tim penegrian sukses dalam melakukan penyampaian pesan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta Berubahan Status Menjadi Perguruan Tinggi Negeri namun pegawai tidak memiliki ruang berbicara, pemerintah tidak menyediakan media aspirasi lainnya selain diskusi terbuka (5) para stakeholder yang terlibat dalam Komunikasi Organisasi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta Dalam Perubahan Status Menjadi Perguruan Tinggi Negeri

Abstract The question the dynamics of communication in UPN Veteran Yogyakarta was certainly not easy to be done, considering how much the public is therein. Each must have the interests of the public are different. Required the existence of mutual respect and honor between one another to the public by all existing interests into one purpose. Basically communication can be understood as a way for each organization and the elements in it to be synergized and build effective working relationship with one another, this becomes the main focus of each organization that develops to a common goal. In the organization toward on the process of long term goals or process changes, communication a very important role in the process of change in an organization. The results of this research showed that in the delivery of the subject message in the policy changes the status of the college organization is not easy, especially policies relating to the clarity of the status of the employees is not clear. Allegedly not easy, (1) program this policy was born after the problems in the middle of the servants of the University is not the status of civil servants, (2) the existence of distrust in government and the government program in this alignment of interests is not the status of civil servants (3) the existence of these groups that have not get clarity about their status (4) although penegrian team success in doing message delivery UPN Veteran Yogyakarta change Status to State Universities but civil servants do not have the space to speak, the government does not provide media other aspirations besides open discussions (5) the stakeholders involved in the Communication Organization UPN Veteran Yogyakarta in the change of status to State Universities

Kata Kunci : dinamika komunikasi, organisasi, budaya, the dynamics of communication, organization, culture.

  1. S2-2017-359611-abstract.pdf  
  2. S2-2017-359611-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-359611-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-359611-title.pdf