Laporkan Masalah

Reaksi Investor terhadap Multiple Peristiwa mengenai Publikasi/Pengungkapan Informasi atau Peristiwa Material sesuai Peraturan OJK Studi Kasus pada Saham PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk

DIAH ERNAWATI H, Jogiyanto Hartono M, Prof., Dr., M.B.A., CMA., CA.,

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Informasi merupakan kebutuhan utama investor di pasar modal. Informasi mengenai perusahaan baik yang berasal dari pengungkapan mandatori ataupun sukarela dapat digunakan oleh investor untuk pengambilan keputusan investasi. Penelitian ini menguji reaksi pasar terhadap informasi atau peristiwa material yang beredar di media massa dan yang berasal dari pengungkapan (disclosure) perusahaan. Penelitian ini menguji 8 (delapan) peristiwa kategori 1, yaitu peristiwa publikasi informasi atau peristiwa material di media massa, dan 6 (enam) peristiwa kategori 2, yaitu peristiwa pengungkapan informasi atau peristiwa material oleh perusahaan. Pengujian dilakukan dengan studi peristiwa (event study) untuk mengetahui reaksi pasar baik reaksi positif maupun negatif terhadap informasi atau peristiwa material tersebut dengan proksi abnormal return. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat reaksi pasar terhadap informasi atau peristiwa material tersebut yang dibuktikan dengan adanya nilai abnormal return yang signifikan secara statistik. Reaksi pasar tersebut terdiri dari reaksi positif dan negatif. Penelitian ini berguna bagi unit investor relation di perusahaan untuk mengevaluasi dan meningkatkan strategi pengelolaan pengungkapan (disclosure) dalam rangka meningkatkan kinerja saham perusahaan.

Information is a primary need for the investor in the capital market. Information about company which come from mandatory or voluntary disclosure can influence investor in investment decision making. This study measured the market reaction towards material information or events arise from media massa or company's disclosure. This research tested 8 (eight) events from cathegory 1, events from publication of material information or events in media massa, and 6 (six) cathegory 2, events from company's diclosures related to material information or events according to OJK rule. Event study has been applied to this study in order to measure market reaction, both positive or negative, by using abnormal return as a proxy for the market reaction. The result of this study mentioned that market reaction has been proven by significant abnormal return during window period. The reaction could be positive and negative. This study is valuable for Investor Relation Unit to evaluate and enhance the disclosure policy and strategy in order to improve company's stock performance.

Kata Kunci : pengungkapan, disclosure, abnormal return, studi peristiwa, event study

  1. S2-2017-376017-abstract.pdf  
  2. S2-2017-376017-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-376017-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-376017-title.pdf