Laporkan Masalah

DINAMIKA KOMUNIKASI TIM MEDIA GERAKAN SOSIAL KONTEMPORER DALAM MENGELOLA MEDIA KOMUNIKASI (Studi Kasus pada Dinamika Komunikasi Internal Tim Media Gerakan Nusantara Mengaji dalam Pengelolaan Media Sosial Twitter Periode Mei-November 2016)

RAHMAH ATTAYMINI, Novi Kurnia, M.Si., M.A., Ph.D.

2017 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dinamika komunikasi tim media sebuah gerakan dalam mengelola media sosial, yakni Gerakan Nusantara Mengaji (selanjutnya ditulis GNM) selama periode Mei-November 2016. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi (pengamatan), wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini didapatkan dengan menganalisis karakteristik GNM, ditemukan bahwa GNM bukanlah sebuah gerakan politik dari partai tertentu hal ini terlihat dari bagaimana dinamika komunikasi internal, gerakan ini murni terbentuk atas dasar kondisi bangsa Indonesia yang krisis dalam nilai spiritual. GNM adalah sebuah gerakan sosial kontemporer yang memanfaatkan sebaik mungkin penggunaan media online dan media sosial sebagai sarana untuk mempublikasikan diri dan bertahan ditengah maraknya gerakan sejenis ini. Pola komunikasi yang ditawarkan seperti: allucution, consultation, registration dan conversation dapat mengetahui pola komunikasi yang digunakan gerakan ini sesuai dengan penggunaan media sosialnya dan dapat menjadi standar pola komunikasi yang baik dalam pengelolaan media sosial gerakan lainnya. Dalam pengelolaan media sosialnya sendiri tim media GNM telah berhasil menempatkan perencanaan terkait konten media sosialnya dengan tidak mencampuradukkan peran aktor politik atau intervensi politik dibalik terbentuknya gerakan, melakukan pelaksanaan dan terakhir tim media GNM tidak lupa melakukan evaluasi berkala guna mengetahui keberhasilan dan kegagalan yang dilakukan dalam mengelola media sosialnya.

This research aims to find out how the dynamics of communication media team is a movement in managing social media, i.e. the Nusantara Mengaji movement (hereinafter written GNM) during the period may-November 2016. This research method using case study with a qualitative approach. Data collection is done using observation (observation), in-depth interviews and documentation. The research results obtained by analyzing the characteristics of GNM, found that GNM is not a political movement from a certain party of this can be seen from how the dynamics of internal communication, this pure movement formed on the basis of the conditions the nation of Indonesia that the crisis in spiritual values. GNM is a contemporary social movement that harnesses the best possible use of online media and social media as a means to publicize themselves and survive amid rampant sex movement. The communication pattern has to offer such as: allocution, consultation, registration and conversation can figure out the pattern of communication that used this movement corresponds to the use of social media and can be a good communication pattern standard in the management of the social media movement more. In the management of their own social media teams media GNM has managed to put his social media related content planning by not confusing the roles of political actors or political intervention was behind the formation of the movement, perform the implementation and the last team media GNM does not forget do periodic evaluations in order to know the successes and failures that are done in managing social media.

Kata Kunci : Kata Kunci: Studi Kasus, Karakteristik Gerakan, Dinamikasi Komunikasi Internal Gerakan, Pola Komunikasi di Media Sosial, Pengelolaan Media Sosial, Gerakan Sosial Kontemporer, Gerakan Nusantara Mengaji

  1. S2-2017-376402-abstract.pdf  
  2. S2-2017-376402-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-376402-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-376402-title.pdf