Laporkan Masalah

ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD PADA FINNA GOLF AND COUNTRY CLUB RESORT

MUHAMAD SYAFRUDIN A, Ertambang Nahartyo,Dr.,M.Sc.,CMA.,Ak.,CA.

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Balanced Scorecard adalah salah satu alternatif pengukuran kinerja yang bertujuan menggabungkan ukuran kinerja keuangan dan non keuangan. Terdapat empat aspek yaitu perspektif keuangan, perspektif konsumen, perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran kinerja Finna Golf Country Club Resort, Pasuruan Jawa Timur. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kuesioner pada karyawan dan pelanggan Finna Golf Country Club Resort. Data sekunder diperoleh dari laporan keuangan, data karyawan, data pelanggan, dan dari laporan tahunan Finna Golf Country Club Resort . Pengambilan data diperoleh dari pelanggan dan karyawan Finna Golf Country Club Resort. Data dari kuesioner tersebut diuji validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 16 untuk menentukan skor tingkat kepuasan pelanggan dan karyawan menggunakan interval skala likert. dan rumusan-rumusan Balanced Scorecard. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja Finna Golf Country Club Resort dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa perspektif keuangan mengalami fluktuasi menghasilkan katagori Baik. Perspektif konsumen mengalami fluktuasi menghasilkan katagori Baik. Perspektif bisnis internal menggunakan rasio inovasi produk mengalami penurunan menghasilkan katagori Kurang . Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan tingkat kepuasan karyawan yang yang menghasilkan kategori Baik .

The Balanced Scorecard is one of the alternative performance measure that aims to combine the size of financial and non financial performance. There are four aspects is a financial perspective, customer perspective, internal business process perspective, growth and learning perspective performance of Finna Golf Country Cklub Resort,Pasuruan, East Jawa. The collected of data using primary and secondary data. The primary data obtained from questionnaires from customers and employees of Finna Golf Country Club Resort. Secondary data obtained from financial statement, employee data, customer data and annual reports of Finna Golf Country Cklub Resort. Data collection is obtained from customers and employees of Finna Golf Country Club Resort. The data from the questionnaires were tested for validity and reliability by using SPSS version 16 application to determine customer satisfaction and employee satisfaction score using Likert-scale interval. and Balanced Scorecard formulas. This study aimed to find out how the performance of Finna Golf Country Club Resort by using the Balanced Scorecard concept. From the results of this study can be seen that the financial perspective fluctuate produce Good category. The consumer perspective fluctuates to produce the Good category. Internal business perspective using product innovation ratio decreased resulting in Less category. The learning and growth perspective shows the level of employee satisfaction that results in the Good category.

Kata Kunci : Balanced Scorecard, kinerja perusahaan, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan./ Balanced Scorecard, company achievement, financial perspective,customers perspective, businesss intern