Laporkan Masalah

ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PADA KAMPANYE YUK NABUNG SAHAM PT BURSA EFEK INDONESIA

PARAMITA SARI, Dr. Iin Mayasari, M.M., M.Si.

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan komunikasi pemasaran terpadu kampanye nasional industri pasar modal yang diluncurkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan mengacu pada delapan langkah membangun komunikasi efektif dari Kotler dan Keller (2016) dan memberikan rekomendasi yang bermanfaat dan aplikatif bagi pelaksana kampanye. Analisis penerapan komunikasi pemasaran terpadu di BEI dilakukan melalui penelitian deskriptif untuk menggali informasi dan mengumpulkan data secara lebih rinci dari informan internal korporasi. Informan merupakan Board of Director (BOD), Divisi internal, dan beberapa Kantor Perwakilan PT Bursa Efek Indonesia di seluruh Indonesia yang terlibat dalam penyusunan strategi dan implementasi komunikasi pemasaran dalam kampanye Yuk Nabung Saham. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BEI melewati delapan tahapan dalam membangun komunikasi yang efektif, dimana keseluruhan tahap tersebut dilakukan agar strategi komunikasi pemasaran kampanye Yuk Nabung Saham dapat diterapkan secara terpadu sehingga dapat berjalan secara efisien dan efektif kepada calon investor sasaran. Komunikasi pemasaran yang dijalankan oleh BEI untuk kampanye Yuk Nabung Saham secara terpadu dapat dinilai cukup efektif dilihat dari pencapaian jumlah investor. Namun pengukuran efektivitas masing-masing saluran komunikasi perlu juga untuk dilakukan.

This study aims to determine and analyze integrated marketing communication of Yuk Nabung Saham campaign, launched by Indonesia Stock Exchange (IDX), using eight stages to build effective communication from Kotler and Keller (2016) and provide useful and applicable recommendations for IDX. The research is conducted through qualitative descriptive methodology to gather detailed information and data from internal corporate informants. Informants in this research are Board of Directors, Internal Division, and four IDX representative offices throughout Indonesia who are involved in concepting and implementing the campaign. The results show that IDX passes the eights stages to implement integrated marketing communication strategies and to build the campaign communication effectively to targeted potential investors. Based on the increasing number of new investors, marketing communication conducted by IDX is quite effective, however, the effectiveness of each communication channel should also be measured.

Kata Kunci : integrated marketing communication, marketing, marketing communication, communication, marketing campaign, brand awareness, designing marketing communication, effective communication, komunikasi pemasaran terpadu