Laporkan Masalah

Analisis yuridis mengenai perlindungan hukum terhadap konsumen yang dirugikan dalam transaksi jual beli secara elektronik (e-commerce) melalui situs shopee

NURUL AMALIA A., Prof. Dr. Sulistiowati, SH, M.Hum.

2017 | Tesis | S2 ILMU HUKUM JAKARTA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk wanprestasi yang biasa terjadi dalam transaksi jual beli melalui Shopee dan bagaimana penyelesaian sengketa serta tanggung jawab pelaku usaha yang melakukan wanprestasi menurut Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dengan pendekatan undang-undang (statue approach), yaitu penelitian dengan menelaah semua undang-undang dan peraturan lainnya yang terkait dengan isu hukum, karena penelitian ini lebih dipusatkan kepada aturan hukum yang berlakukan. Sumber data penelitian berdasarkan bahan Hukum Primer, Bahan Hukum Sekunder dan Bahan Hukum Tersier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk wanprestasi yang sering dialami konsumen dalam berbelanja secara online melalui situs Shopee adalah melaksanakan apa yang dijanjikan tetapi tidak sebagaimana yang dijanjikannya, melakukan apa yang dijanjikannya tetapi terlambat. Penyelesaian sengketa yang terjadi dalam transaksi jual beli melalui elektronik dapat melalui jalur litigasi dan nonlitigasi. Hambatan-hambatan yang timbul dalam penyelesaian sengketa wanprestasi adalah tidak bertemunya para pihak yang bersengketa, minimnya pengetahuan para pihak tentang penyelesaian sengketa, biaya transaksi yang tidak sebanding dengan biaya penyelesaian melalui arbitrase dan litigasi, sulitnya pelaksanaan putusan karena para pihak berada di wilayah yang berbeda.

This study aims to determine the form of default commonly occurs the sale and purchase transactions through online marketplace Shopee and how the dispute resolution and the responsibility of business actors who perform default according to Law no. 8 of 1999 on Consumer Protection and Law No.11 Year 2008 on Information and Electronic Transactions. The method used in this research is normative law research with statue approach (statue approach), that is research by reviewing all laws and other regulations related to legal issues, because this research is more focused on the rule of law which is applied. Sources of research data based on Primary Law material, Secondary Law Material and Tertiary Law Material. The results showed that the form of default that consumers often experience in shopping online through the Shopee website is implementing what it promises but not as promised, do what was promised but too late. Settlement of disputes that occur in electronic trading transactions can be through litigation and non-ligation. Constraints arising in the settlement of a breach of disputes are the disputes of the parties to the conflict, the lack of knowledge of the parties on the settlement of disputes, the transaction costs that are not proportional to the costs of settlement through arbitration and litigation, the difficulty of enacting decisions because the parties are in different areas.

Kata Kunci : Informasi dan Transaksi Elektronik, Transaksi E-Commerce, Lalu Lintas Perdagangan

  1. S2-2017-358476-title.pdf