Laporkan Masalah

Komunikasi CSR Melalui Media Online Official Website (Kualitas Konten Informasi CSR P.T. Bukit Asam Dan P.T. Vale Indonesia)

FRANCISCO D HADHY M, Prof. Nunung Prajarto, M.A., Ph.D.

2017 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi

Salah satu media komunikasi baru yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menginformasikan berbagai program CSR yang dijalankan adalah melalui website resmi di mana informasi yang dipublikasikan dapat lebih personal, relevan, dan mudah dipahami oleh stakeholder dengan penggunaan tidak hanya teks tertulis namun juga informasi dalam bentuk audio dan visual. Kualitas informasi dalam website dapat ditentukan melalui empat aspek utama yaitu keakuratan, ketepatan waktu, relevansi, dan kelengkapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan menganalisis berbagai menu dan sub menu dalam website resmi terutama berbagai data yang terkait dengan informasi CSR. Berdasarkan Analisis pada kedua website, penelitian ini menemukan bahwa kualitas informasi yang ada dalam website bervariasi dengan kedua website cukup akurat dalam penggunaan menu khusus untuk mempublikasikan informasi terkait CSR, penggunaan media audio visual yang beragam, berita CSR yang selalu update, dan penggunaan tools seperti search engine yang dapat mendukung akses website. Namun penelitian ini juga menemukan bahwa informasi CSR yang bukan termasuk dalam berita sangat jarang di-update serta tidak tersedianya tools interaktif yang dapat memunculkan interaktivitas dua arah antara perusahaan dan stakeholders.

One of the most recently developed communication media where corporate can communicate their CSR programs is official website where the information will be more personal, relevant, and easier to understand by stakeholders with the use of not only verbal but also audio visual information. The quality of information contained in the website can be determined through four aspects: accuracy, timeliness, relevancy, and completeness. The method that will be used in this research is qualitative content analysis by analyzing the content found in the CSR menu and sub-menu in the official website and collecting the data related to the CSR information. Based on the analysis on both websites, the research found that the quality of the information contained are varied with both websites are accurate with the use of specific menu to publish information about CSR , the use of audio visual media, timeliness of the news, and the inclusion of tool such as search engine. But the research also found that the CSR articles are static with no recent updating on regular basis and also the absence of interactive tools that can be used to maintain two-way interactivity from the corporations to the stakeholders.

Kata Kunci : Tanggung Jawab Sosial, media online, website resmi, kualitas informasi

  1. S2-2017-388832-abstract.pdf  
  2. S2-2017-388832-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-388832-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-388832-title.pdf