Laporkan Masalah

EVALUASI PELATIHAN MODEL 4C/ID DALAM UMPAN BALIK TERSTRUKTUR METODE PENDLETON PADA DOSEN PEMBIMBING KLINIK

NYKA DWI FEBRIA, dr. Widyandana, MHPE, Ph.D.; dr. Mora Claramita, MHPE, Ph.D.

2017 | Tesis | S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran

Latar belakang: Pendidikan fase klinik membutuhkan umpan balik pada setiap tindakan yang dilakukan oleh mahasiswa. Pemberian umpan balik fase klinik di kedokteran gigi masih sedikit atau bahkan tidak diberikan umpan balik. Umpan balik sangat dibutuhkan untuk dapat meningkatkan performa mahasiswa dalam melakukan tindakan kepada pasien. Metode: Metode yang dilakukan pada penelitian menggunakan one group pretestposttest desain dengan pelatihan umpan balik terstruktur model Pendleton dengan metode 4C/ID. Data dianalisis menggunakan Saphiro-Wilk kemudian dilakukan paired t-test. Hasil: reaksi dosen pembimbing klinik terhadap pelatihan yang dilakukan dengan presentase antara 84,4% sampai 100% siap melakukan pemberian umpan balik metode Pendleton dan terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan pemberian umpan balik kepada mahasiswa dengan dengan paired t-test hasil kurang dari 0,05 (p=0.000). Kesimpulan: Pelatihan umpan balik model 4C/ID meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dosen pembimbing klinik

Background: Education of clinic phase requires feedback on the treatment accomplished by the students. To deliver feedback from clinic phase in the dentistry is still rare or even will not be found. Feedback is very important to improve students performance in giving treatments to the patients. Method: The method of this study was one group pre-test-post-test design by using structured-feedback training of Pendleton model with 4C / ID method. The Data were Analyzed by using Shapiro-Wilk, and then paired t-test was applied. Result: Reaction of clinical advisor to training done with percentage between 84,4% to 100% ready to give feedback of Pendleton method and increase of knowledge and skill of giving feedback to student with paired t-test result less than 0,05 (P = 0.000). Conclusion: The 4C / ID model of feedback training enhances the knowledge and skills of clinical instructors.

Kata Kunci : feedback, 4C / ID method, clinic phase in dentistry, pendleton method

  1. S2-2017-388274-abstract.pdf  
  2. S2-2017-388274-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-388274-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-388274-title.pdf