Laporkan Masalah

ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN DALAM MEMILIH ASURANSI PERJALANAN

ARI PRASTOWO, Bayu Sutikno, S.E., M.S.M., Ph.D.

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Perkembangan wisatatawan baik mancanegara maupun domestik membuat kebutuhan akan asuransi perjalanan semakin meningkat. Asuransi perjalanan merupakan asuransi yang memberikan perlindungan terhadap resiko yang mungkin terjadi bagi travellers ketika sedang melakukan perjalanan. Potensi tersebut masih sangat besar bagi industri asuransi karena pengguna asuransi perjalanan masih sedikit tetapi terus meningkat. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang paling dipertimbangkan ketika memilih asuransi perjalanan. Jenis penelitian ini adalah eksploratif kuantitatif dengan menggunakan analisis faktor untuk mengetahui apakah faktor tersebut mempengaruhi atau terdapat faktor baru. Tahapan yang dilakukan adalah melalui Uji Kaiser-Meyer-Olkin (KMO) dan Bartletts Test, Extraction dan Rotation. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tujuh faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen saat membeli asuransi perjalanan yaitu People (Karyawan atau Agent), Process (Proses) dan Supporting Facility (fasilitas pendukung), Physical Evidence (Lingkungan fisik) dan Place (Tempat), Promotion (Promosi) dan Brand (Merek), Product (Produk), Price (Harga), Variety (variasi produk).

The influx of tourists, both domestic and international, creates more demand for a travel insurance. Travel insurance is an insurance which gives protection for the risks that might occur to the travellers when traveling. There is still a big opportunity for insurance industry to create since the number of users is still relatively small but slowly increasing. This research is conducted to identify all considered factors when selecting travel insurance. This research is quantitative explorative with the usage of factoral analysis to identify whether such factors is determinant or whether there are new factors. The steps taken followed the Kaiser-Meyer-Olkin (KMO) and Bartletts Test. The research steps were done through Extraction and Rotation tests. The result of this research shows that there are seven factors that are considered by the consumer when purchasing travel insurance, which are People (Staff or Agent), Process and Supporting Facility, Physical Evidence and Place, Promotion and Brand, Product, Price and Variety

Kata Kunci : Asuransi Perjalanan, Keputusan Pembelian Asuransi Perjalanan, Identifikasi Faktor Asuransi Perjalanan, Analisis Faktor Asuransi Perjalanan, strategi marketing asuransi perjalanan, studi deskriptif asuransi perjalanan, penelitian asuransi perjalanan