Laporkan Masalah

Kesalahan Fonologi pada Fonem Sibilan Bahasa Inggris oleh Siswa SDN Kotagede I Yogyakarta

ATIKA RAHMI N, Dr. Adi Sutrisno, M.A.

2017 | Tesis | S2 Ilmu Linguistik

INTISARI Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan fonologi pada bunyi-bunyi sibilan oleh siswa kelas Lima SDN Kotagede I dalam belajar bahasa Inggris. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini adalah penguasaan kosakata siswa yang tidak memperhatikan bunyi yang diujarkan. Penelitian ini berlangsung di SD Kotagede I dengan sampel siswa-siswa kelas lima. Para siswa disini mempelajari bahasa Inggris secara formal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar tiga belas koma delapan persen kesalahan pada bunyi s dan sebesar lima puluh satu persen kesalahan pada bunyi sy. Sementara itu, pada bunyi ch kesalahan yang terjadi sebesar empat belas persen dan pada bunyi z sebesar tujuh puluh lima persen. Lebih lanjut pada bunyi edz adalah sebesar seratus persen dan pada bunyi ej sebesar enam puluh empat persen. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan pelafalan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor baik itu faktor linguistik maupun non linguistik. Telah ditemukan bahwa faktor utama penyebab kesalahan tersebut adalah perbedaan sistem fonologi dan ortografi kedua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Oleh sebab itu, para guru yang mengajar bahasa Inggris pada tingkat SD harus menyadari dan membantu para siswa mengatasi semua masalah pelafalan yang muncul akibat perbedaan tersebut. Seorang guru bahasa Inggris seharusnya mampu membedakan perbedaan sistem fonologi kedua bahasa dan mengajarkan perbedaan kedua sistem fonologi tersebut kepada para siswa sekolah dasar dengan efektif. Kata Kunci: Linguistik, fonologi, bunyi sibilan, pembelajar kelas lima SD, bahasa fonetis dan non fonetis

ABSTRACT The present study aims to analyze the phonological errors of sibilant sounds produced by the fifth graders of elementary school students at SDN Kotagede I. The background of this study is the students vocabulary mastery without considering the pronunciation. This research conducted in SDN Kotagede I with the fifth grade students as the sample. The students learn English formally. The results show that the error of sound s is thirteen point eight percent, sound sy is fifty one percent. Other errors namely, the error of sound ch is fourteen percent and seventy five percent of sound z while the error of sound edz is one hundred percent and sound ej is sixty four percent. Based on the results of the study, the problems under discussion are caused by lingustic factor and non linguistic factor. But, the main factor of sibilant sounds error is the difference between the orthography and the phonology of the two languages, Indonesian and English. As a result, English teachers, to be helpful, should focus on the differences and help the elementary students overcome the pronunciation problems. An English teacher should be both aware of the differences and be able to teach them effectively to the elementary school students. Key Words: Linguistics, phonology, sibilant sounds, fifth grade EFL Students, phonetic and non-phonetic languages.

Kata Kunci : Linguistik, fonologi, bunyi sibilan, pembelajar kelas 5 SD, bahasa fonetis dan non fonetis

  1. S2-2017-389022-abstract.pdf  
  2. S2-2017-389022-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-389022-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-389022-title.pdf