Laporkan Masalah

STRATEGI PEMASARAN DI RUMAH SAKIT HEWAN PROF. SOEPARWI

BIMA ARY WIBOWO, Drs. John Suprihanto, MiM, Ph.D.; Prof. Dr. drh Ida Tjahajati M.P.

2017 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Latar belakang: Hewan kesayangan dewasa ini sudah menjadi salah satu gaya hidup kaum modern. Tren meningkatnya pemilik hewan kesayangan juga menyebabkan kesadaran pemilik hewan akan kesehatan dan perawatan hewan kesayangananya semakin baik. Berdasarkan dari wawancara kami dengan pihak Direksi baru, yaitu drh. Setyo Budhi, MP., salah satu faktor penyebab dari kerugian tersebut adalah banyaknya pengeluaran bulanan rumahsakit hewan yang berawal dari penambahan tenaga medis rumahsakit sebelumnya. Namun sayangnya hal ini tidak disertai dengan penambahan angka pendapatan rumahsakit. Tujuan: Memberikan gambaran strategi pemasaran bagi Rumah Sakit Hewan Prof. Soeparwi untuk meningkatkan kunjungan klien Rumah Sakit Hewan Prof. Soeparwi. Metode: Desain penelitian menggunakan metode desain eksploratif. Teknik analisis data adalah dengan melakukan koding. Koding adalah suatu proses kreatif untuk memecah data menjadi unit yang lebih kecil (kode), memahami unit-unit tersebut, dan kemudian merangkum kembali unit-unit tersebut (dalam bentuk kategori dan hubungan antara kategori). Hasil dan Pembahasan: Melalui tujuan organisasi yaitu sebagai rumah sakit hewan pendidikan, rumah sakit hewan dapat melakukan program pemasaran berupa edukasi kepada masyarakat melalui media sosial dan website. Selain itu, dengan membuat program layanan khusus yang di jadikan dalam sebuah paket layanan khusus, seperti pelayanan perawatan umur 0 bulan-5 tahun, perawatan geriatric (> 5 tahun) dan perawatan gigi hewan, dapat membangun hubungan khusus antara klien dengan rumah sakit hewan. Kesimpulan dan Saran: 1. Memaksimalkan peran Rumah Sakit Hewan Prof. Soeparwi sebagai unit penunjang pendidikan Fakultas Kedokteran Hewan melalui kerjasama yang baik antara rumahsakit dan departemen-departemen yang berada di bawah fakultas; 2. Menciptakan layanan-layanan inovatif yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan segmen market; 3. Memasang arah petunjuk jalan menuju Rumah Sakit Hewan Prof. Soeparwi; 4. Memaksimalkan kegiatan promosi yaitu pemberian informasi terbaru kegiatan Rumah Sakit Hewan dan edukasi ilmu kesehatan hewan melalui media seperti website dan media sosial; 5. Memperbanyak tulisan ilmiah yang dapat menjadi sarana untuk dikenal baik secara nasional ataupun internasional; 6. Memperbanyak kegiatan siaran tanya jawab di radio.; 7. Melakukan kegiatan bakti sosial secara rutin.

Background: Pet nowadays have become one of the modern lifestyles. The increasing trend of pet owners also causes the animal owners awareness of health and care of their pet better. Based on our interview with the new Board of Directors, drh. Setyo Budhi, MP., one of the factors causing the loss is the amount of monthly expenditure of the animal hospital that started from the addition of previous hospital medical personnel. However, unfortunately this is not accompanied by the addition of hospital income figures. Objective: To give description of marketing strategy for Veterinary Hospital Prof. Soeparwi to increase the visit of the clients of Veterinary Hospital Prof. Soeparwi. Method: Research design uses explorative design method. The data analysis technique is doing the coding. Coding is a creative process for breaking data into smaller units (code), understanding the units, and then recasting those units (in categories and relationships between categories). Findings and Discussions: Through organizational objectives of animal education hospital, veterinary hospital can conduct joint educational marketing program to the society through social media and website. In addition, by creating customized service programs in special care packages, such as 0 months - 5 years old care, geriatric care (> 5 years) and dental care, it is able to establish a special relationship between the client and the veterinary hospital. Conclusions and Suggestions: 1. Maximizing the role of Veterinary Hospital Prof. Soeparwi as an educational support unit of the Faculty of Veterinary Medicine through good cooperation between hospitals and departments under the faculty; 2. Creating innovative services that can be enjoyed by all segments of the market segment; 3. open directions directions to Veterinary Hospital Prof. Soeparwi; 4. Maximizing promotional activities are the latest information on the activities of Animal Hospital and veterinary science education through media such as websites and social media; 5. Increasing scientific writings that can be a means to be recognized both nationally and internationally; 6. Increasing the question and answer radio activities on the radio; 7. Social activities regularly.

Kata Kunci : strategi pemasaran, rumah sakit hewan, desain eksploratif, marketing strategy, veterinary hospital, explorative design

  1. S2-2017-371602-abstract.pdf  
  2. S2-2017-371602-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-371602-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-371602-title.pdf