Laporkan Masalah

The Impact of Social Media Marketing Activities, Brand Consciousness, and Value Consciousness on Brand Loyalty

DWIKY HARY NUGRAHA, Bayu Sutikno, S.E., Cand.Merc., Ph.D.,

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh dari kegiatan marketing media sosial, kesadaran brand, dan kesadaran nilai terhadap loyalitas brand. Kepopuleran media sosial saat ini telah membuatnya menjadi salah satu komunikasi marketing yang efektif dan efisien. Namun, banyak pemasar tidak sepenuhnya mengerti bagaimana membentuk loyalitas merek di media sosial. Ketika sosial media menjadi populer, ini juga meningkatkan populeritas dan permintaan dari specialty coffee, khususnya whole and ground kopi. Maka dari itu, pemasar harus mempunyai pengetahuan yang lebih untuk bagaimana menciptakan strategy marketing yang efektif dan efisien dalam media sosial. Pengumpulan data melalui pembagian secara pribadi dan sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan responden sebanyak 90 konsumen specialty coffee. Hasil dari penilitan menunjukkan bahwa media sosial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap value dan brand consciousness. Namun, tidak ditemukan adanya pengaruh yang signifkan dari kegiatan media sosial terhadap loyalitas merek dan kesadaran brand terhadap loyalitas merek. Oleh karena itu, pemasar harus mempertimbangkan hal-hal tersebut dalam menciptakan kegiatan media sosial yang sesuai, dan sebaiknya menyasar pelanggan yang mempunyai kesadaran nilai yang tinggi.

The purpose of this study is to investigate the impact of social media marketing activities, brand consciousness, and value consciousness on brand loyalty. The popularity of social media nowadays already makes it become one of effective and efficient marketing communication. However, many marketers are not fully understood on how to establish brand loyalty through social media. When social media become more popular, it also enhances the popularity and demand of specialty coffee especially whole and ground coffee. Thus, coffee brand marketers has to get a better understanding on how to formulate an effective and efficient social media marketing strategy. The data collection is through self- administered questionnaire and was developed into purposive sampling of 90 specialty coffee consumers respondents. The findings indicate that social media has significant effect on value and brand consciousness; meanwhile there are not significant effect of social media marketing on brand loyalty and brand consciousness on brand loyalty. This study is also found that value consciousness has positive effect on brand loyalty. Thus, marketers need to consider on formulating suitable social media marketing to target consumers who have high value consciousness.

Kata Kunci : Social media marketing, brand consciousness, value consciousness, brand loyalty