Laporkan Masalah

EVALUASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT RAJAWALI CITRA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN MODEL HUMAN ORGANIZATION TECHNOLOGY FIT (HOT- FIT)

ANIS KHOTIMAH, dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes, Ph.D

2017 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Latar Belakang :Rumah Sakit Rajawali Citra Yogyakarta adalah salah satu rumah sakit yang sudah menerapkan Teknologi Informasi dalam pelayanan kepada pasien sejak tahun 2012. Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) perlu dilakukan untuk menilai atau mengukur manfaat yang didapatkan sehingga dapat mendukung tujuan, visi, dan misi organisasi. Kendala yang dihadapi, sistem informasi masih sering error dan jaringan internet yang masih lambat sehingga tidak mendukung pelayanan pasien menjadi cepat, Proses transaksi elektronik di rumah sakit terhambat, seperti entry dan pengambilan data dari sistem akibatnya pelayanan pasien dan kepuasan pasien menjadi menurun. Model analisis HOT- Fit menempatkan komponen penting dalam sistem informasi yakni manusia (Human), organisasi (Organization), dan teknologi (Technology), serta kesesuaian hubungan diantaranya dalam menghasilkan manfaat (Net Benefit) dari penerapan SIMRS. Tujuan Penelitian : Mengevaluasi Keberhasilan Pemanfaatan SIMRS di Rumah Sakit Rajawali Citra Yogyakarta dengan menggunakan model HOT Fit, yaitu dilihat dari faktor manusia, teknologi dan organisasinya dengan mengukur pengaruh 8 variabel yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan sistem, kepuasan pengguna, struktur organisasi, lingkungan organisasi dan kebermanfaatan. Metodologi Penelitian : Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitiancross sectional. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak responden pengguna Sistem Informasi RS sejumlah 98 responden. Analisis data kuantitatif menggunakan aplikasi smartPLS yang dilakukan dengan mencari nilai inner model dan outer model. Hasil Penelitian: Berdasar hasil pengujian hipotesis pada inner model dalam path-analysis beberapa konstruk yang tidak berpengaruh yaitu kualitas sistem terhadap penggunaan, kualitas informasi terhadap penggunaan sistem, kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna, dan kepuasan pengguna terhadap manfaat. Sedangkan untuk konstruk kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna, kualitas layanan terhadap penggunaan, kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna, kepuasan pengguna terhadap penggunaan, struktur organisasi terhadap lingkungan organisasi, penggunaan terhadap manfaat, struktur organisasi terhadap manfaat dan lingkungan organisasi terhadap manfaat secara signifikan berpengaruh. Kesimpulan: Penelitian ini membuktikan bahwa tidak semua hipotesis yang diajukan terbukti secara empiris. Beberapa hipotesis yang tidak berpengaruh antara lain yaitu kualitas sistem terhadap penggunaan, kualitas informasi terhadap penggunaan sistem, kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna, dan kepuasan pengguna terhadap manfaat.

Background: Rajawali Hospital Citra Yogyakarta is one of the hospitals that has been implementing Information Technology in service to patients since 2012. Hospital Management Information System Evaluation (SIMRS) needs to be done to assess or measure the benefits obtained so as to support the purpose, vision , And organizational mission. Obstacles encountered, information systems are still frequent errors and internet networks are still slow so as not to support patient services to be fast, electronic transactions in hospital process is hampered, such as entry and data retrieval from the system as a result patient service and patient satisfaction becomes decreased. The HOT-Fit analysis model places important components in the information system of human, organization, and technology, as well as the corresponding relationship between them in generating benefits (Net Benefit) from the implementation of SIMRS. Objectives: Evaluating the Success of SIMRS Utilization at Rajawali Citra Yogyakarta Hospital using HOT Fit model, which is seen from human factor, technology and organization by measuring the influence of 8 variables, namely system quality, information quality, service quality, system usage, user satisfaction, structure organization, organizational environment and net benefit. Methods : The type of this research is descriptive quantitative with cross sectional study design. In this study using the sample as much as respondents users of Information Systems RS a number of 98 respondents. Quantitative data analysis using smartPLS application is done by searching the value of inner model and outer model. Result : Based on hypothesis test result in inner model in path-analysis some constructs that have no effect that is system quality to usage, information quality to system usage, information quality to user satisfaction, and user satisfaction to benefit. As for the quality system construction of the user satisfaction, the quality of service to the usage, the quality of service to the user satisfaction, user satisfaction to the use, organizational structure to the organization environment, the use to the benefit, the organization structure to the benefit and the organization environment to the benefit significantly influence. Conclusion: This study proves that not all hypotheses are proven empirically. Some hypotheses that have no effect include the quality of the system against use, the quality of information on the use of the system, the quality of information to user satisfaction, and user satisfaction of the benefits.

Kata Kunci : Evaluasi, Sistem Informasi Rumah Sakit, HOT Fit

  1. S2-2017-388059-abstract.pdf  
  2. S2-2017-388059-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-388059-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-388059-title.pdf