Laporkan Masalah

PERANCANGAN WEBSITE YANG BERORIENTASI PADA KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM BIDANG INFRASTRUKTUR DAN KEAMANAN JARINGAN TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS GADJAH MADA

FAJAR IBNU TUFEIL, Dr. Azhari SN, M.T. ; Dr-Ing. Ir. Singgih Hawibowo.

2017 | Tesis | S2 MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI

Semakin meningkatnya volume dan kompleksitas permasalahan bidang infrastruktur dan keamanan jaringan teknologi informasi di Universitas Gadjah Mada memerlukan knowledge management system (KMS) yang sesuai untuk menunjang proses penyebaran knowledge. Pengetahuan, dokumen, SOP, peraturan dan pengalaman tidak terdokumentasi dengan baik sehingga menyulitkan staf dalam menjalankan tugasnya saat terjadi perpindahan staf. Pengetahuan dan pengalaman staf akan ikut hilang bersama dengan kegiatan pensiun, mutasi atau habisnya masa jabatan staf bersangkutan. Pergantian dan perpindahan staf bidang ini cukup tinggi dan keadaan ini menuntut proses pembelajaran yang lebih cepat agar pencapaian tujuan organisasi tidak terhambat. Penelitian ini merancang model dan prototype KMS bidang infrastruktur dan keamanan jaringan teknologi informasi di UGM. Metodologi yang digunakan adalah metodologi yang dikembangkan oleh Fernandez. Hasil penelitian ini yaitu prioritas utama pengembangan proses-proses knowledge management system adalah knowledge discovery, kombinasi, direction dan sosialisasi untuk knowledge sharing. Prioritas proses KM ini nantinya didukung oleh proses KM yang lain yaitu, routines, exchange, internalisasi dan eksternalisasi. Fitur yang mendukung proses KM tersebut adalah pengelolaan dokumen, knowledge management, forum diskusi, pencarian pengetahuan dan pencarian dokumen.

The planning of a knowledge management system suitable to support the process of knowledge distribution in the security and infrastructure of information technology in Universitas Gadjah Mada is essential. Knowledge, documents, SOP, regulations and experience are yet to be well-documented, and this causes difficulties for staff members in performing their tasks should there be a staff rotation. Staff members� knowledge and experience will disappear as they are retired, transferred, or at the end of their terms of office. The frequent staff turnover in this field demands a faster learning process to ensure that the organization goals are fulfilled. The research problem discussed in this paper is the search for an appropriate KMS model. This research was conducted using Fernandez�s method. The results showed that the main priority of the development of knowledge management system are knowledge discovery, combination, direction, and socialization for knowledge sharing. The priority of this KM process would be supported by other KM processes, namely routines, exchange, internalization and externalization. The features supporting KM process are document management, knowledge management, discussion forums, the search for knowledge and documents.

Kata Kunci : knowledge management, knowledge management, IT infrastruktur management, information system