Laporkan Masalah

Metode Pelaksanaan Erection Girder dengan Launching Gantry Pada Pemasangan Box Girder Proyek MRT CP103 Blok A Jakarta

TIAS PERMANA YUDAMI, Ir. Fathi Basewed, MT.

2017 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPIL SV

MRT (Mass Rapid Transit) merupakan moda transportasi baru yang dicanangkan oleh pemerintah untuk mengurangi kemacetan di Jakarta. Proses pembangunannya sudah dimulai sejak 10 Oktober 2013 lalu untuk tahap I dan akan dilanjutkan pembangunan tahap II yang ditargetkan beroprasi tahun 2020 mendatang. Rute MRT Jakarta tahap I rencananya akan membentang dari Lebak Bulus sampai dengan Bundaran HI sepanjang 15.7 km dengan 13 stasiun (7 stasiun layang dan 6 stasiun bawah tanah). Pembangunan struktur layang pada MRT paket CP103 di Blok A Jakarta Selatan menggunakan metode span-by-span pada erection girdernya dengan alat Launching Gantry. Metode erection girder span-by-span dengan launching gantry ini cukup cepat dalam proses pekerjaannya. Metode kerjanya yaitu dengan menaikan seluruh segmen girder dalam satu span secara tersusun dan disusul oleh pekerjaan epoxy dan stressing untuk merekatkan antara segmen Girder dalam satu span tersebut. Dari hasil pengamatan menunjukan bahwa sistem span-by-span ini, metode erection box girder dapat dilakukan dengan waktu tiga hari, siang dan malam. Total pier yang terdapat pada blok A (AP1-AP28) yaitu 28 pier dengan 27 span sehingga durasi untuk erection box girder di area blok A apabila sesuai hitungan plan adalah 81 hari kerja.

MRT (Mass Rapid Transit) is a new mode of transportation that launched by government to reduce congestion in Jakarta. The construction process has been started since October 10, 2013 for phase I and will extend the construction phase II planned to operate in 2020. The rail Jakarta MRT phase I connecting Lebak Bulus to Bundaran HI along 15.7 km including 13 stations (7 elevated stations and 6 underground stations). The construction of the elevated structure on MRT CP103 package in Blok A South Jakarta using span-by-span system in erection girder method with Launching Gantry. The span-by-span method with Launching Gantry is fast enough in its work process. The working method by raising the entire girder segment in one range and followed by epoxy and stressing to gluing between girder segments within that range. The result of the observasion in this research show that span-by-span system in erection girder with launching gantry gained the time duration during 3 days work (day and night). Total pier in Blok A (AP1-AP28) is 28 pier with 27 span so the duration for erection box girder in Blok A is 81 days work.

Kata Kunci : Launching Gantry, Erection Girder, Span-by-Span