Laporkan Masalah

Mobilitas Spasial Perempuan Pelaku Usaha E-Commerce di Kota Bekasi

FADHILAH INDRASWARI, Prof. Dr. R. Rijanta, M.Sc

2017 | Skripsi | S1 PEMBANGUNAN WILAYAH

Pertumbuhan penduduk perkotaan yang sangat pesat dapat mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi di wilayah perkotaan. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan peningkatan pertumbuhan ekonomi adalah tenaga kerja. Tenaga kerja dengan produktivitas yang tinggi dapat mempengaruhi besar pendapatan yang diperoleh. Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja adalah dengan memiliki pekerjaan sampingan. Dewasa ini, banyak ditemui pekerja perempuan karena adanya kesetaraan gender sehingga menghilangkan stereotype perempuan hanya bekerja di rumah. Banyak tenaga kerja perempuan yang memiliki pekerjaan sampingan khususnya pekerjaan sampingan yang memanfaatkan situs e-commerce. Kegiatan bekerja sampingan menggunakan situs e-commerce dapat dilatarbelakangi oleh berbagai motivasi. Kegiatan bekerja sampingan tersebut juga dapat membentuk suatu pola interaksi yang sangat luas karena menggunakan situs e-commerce yang dapat diakses oleh siapa saja. Kegiatan tersebut membentuk suatu mobilitas secara virtual yaitu mobilitas yang tidak dibatasi oleh ruang fisik dan mobilitas secara konvensional yang dibatasi oleh ruang fisik. Penggunaan situs e-commerce sebagai media bekerja sampingan diharapkan dapat memberikan sumbangan pendapatan terhadap pendapatan rumah tangga. Berikut ini merupakan tujuan penelitian antara lain: 1) Mendeskripsikan motivasi yang mendorong pekerja perempuan di Kota Bekasi untuk memiliki pekerjaan sampingan, 2) Menganalisis hubungan antara interaksi spasial yang terbentuk dari kegiatan pekerjaan sampingan yang memanfaatkan e-commerce dengan durabilitas produk yang dijual, 3) Mengukur berapa besar sumbangan pendapatan yang dihasilkan dari pekerjaan sampingan yang memanfaatkan e-commerce terhadap total pendapatan rumah tangga. Penelitian ini menggunakan metode campuran antara kualitatif dan kuantitatif dengan teknik sampling berupa purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang disebarkan secara acak pada situs e-commerce untuk memperoleh responden berjenis kelamin perempuan di Kota Bekasi sebanyak 60 responden. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif, teknik analisis spasial, dan uji chi square menggunakan koefisien Cramer untuk mengukur hubungan antara interaksi spasial yang terbentuk dengan durabilitas produk. Hasil analisis menunjukkan terdapat berbagai motivasi yang melatarbelakangi perempuan untuk melakukan pekerjaan sampingan, adanya hubungan yang lemah antara interaksi spasial yang terbentuk dengan durabilitas produk, serta sumbangan pendapatan pekerjaan sampingan yang sebagian besar tergolong rendah terhadap pendapatan rumah tangga.

The rapid growth of urban population may affect the rate of economic growth in urban areas. One of the factors that could lead to an increase in economic growth is labor. Labor with high productivity may affect the amount of earned income. One way to increase productivity is to have multiple jobs. Today, female workers encountered because of gender equality, thus eliminating the stereotype of women working only at home. Many workers have side job or moonlighting or multiple jobs, especially that utilize e-commerce sites. Moonlighting activities using e-commerce sites can be driven by a variety of motivations. Moonlighting or side job activities also form a very wide pattern of interaction because e-commerce sites can be accessed by anyone. Moonlighting activities form virtual mobility that cannot be limited by physical space and conventional mobility. The use of e-commerce sites as a moonlighting medium is expected to contribute to household income. The following research objectives are: 1) Describe the motivation that encourages female workers in Bekasi to have side jobs, 2) Analyze the relationship between formed spatial interaction from side job activites using e-commerce with durability of products, 3) Measure the income contribution from side jobs using e-commerce to household total income. These studies use mixed methods of qualitative and quantitative and also use sampling technique in the form of purposive sampling. Research data obtained from questionnaires that randomly distributed on e-commerce sites to obtain 60 female respondents in Bekasi. Data were analyzed using descriptive analysis, spatial analysis, and chi square test using Cramer coefficient to measure the association between the formed spatial interactions with the durability of the product. The results of the analysis indicate that there are various motivations that encourage women doing side jobs, there is a weak association between formed spatial interactions with product durability and the contribution of income from side jobs to household income is largely low.

Kata Kunci : e-commerce, motivasi kerja, mobilitas spasial, sumbangan pendapatan

  1. S1-2017-353233-abstract.pdf  
  2. S1-2017-353233-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-353233-title.pdf