Laporkan Masalah

PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU WJSPORT

ADITYA, Paramita Her Astuti, S.E., M.Sc.

2017 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN SV

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial instagram terhadap penjualan sepatu di toko WJSPORT secara online. Variabel independen dalam penelitian ini adalah dimensi media sosial melalui instagram, sedangkan variabel dependen adalah keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang pernah membeli sepatu di WJSPORT melalui Instagram. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode non-probability sampling dan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan regresi linier sederhana. Pengujian instrument penelitian dalam menguji keabsahan data menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Hasil penelitian dengan menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana menunjukan H1 diterima yang berarti bahwa media sosial instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu di WJSPORT.

This research aims to understand the influence of social media (Instagram) on the online-based product selling of WJSPORT shoes store. The independence variabel of this research is the media social dimension of the Instagram, while the dependence variabel is the decision of buying. This research is utilizing 100 respondences who had bought the product of WJSPORT using Instagram. This research is conducted with the non-probability sampling method and purposive sampling procedure. Analythical descriptive and quantitative used as analythical methods on this research using the simple linier regression. The testing process of research instrument to validy the data is conducted by using Validity and Reliability Test. The results of the research utilizing the Test of Simple Linier Regression shows H1 is accepted, means that social media (Instagram) is positive and significantly influencing the decision to buy WJSPORT products.

Kata Kunci : Social Media, Instagram, Buying Decision