Laporkan Masalah

DISTRIBUSI DAN POLA PUSAT PERBELANJAAN SKALA BESAR SECARA SPASIAL DI KOTA BEKASI

EMAHLIA, Drs. H. B. S. Eko Prakoso, M.SP.

2017 | Skripsi | S1 PEMBANGUNAN WILAYAH

Kota Bekasi sebagai kota satelit dan penyeimbang Kota Jakarta menjadi nilai tambah daya tarik bagi investor untuk mengembangkan usahanya, salah satunya di bidang properti seperti mal/plaza. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor alasan pemilihan lokasi dari pola distribusi mal/plaza yang mengelompok (terkluster) sehingga perlu diketahui kesesuaian lokasi terhadap peruntukannya. Instrumen penelitian yang digunakan berupa ceklis profil mal/plaza, indepth interview, dan RDTR Kota Bekasi. Kesimpulan dalam mencari tahu alasan penentuan lokasi mal/plaza difokuskan berdasarkan jawaban dari para informan. Penentuan faktor alasan pemilihan lokasi didasarkan oleh faktor Lokasi, Pendapatan, Demografi, dan Gaya Hidup. Jumlah informan dari pihak pengelola ditentukan berdasarkan hasil plotting lokasi mal/plaza yang memiliki kriteria mengelompok (terkluster). Hasil yang didapat dari analisis tetangga terdekat adalah distribusi ketigabelas mal / plaza di Kota Bekasi adalah menyebar dan terdapat beberapa yang berdekatan, yaitu di Kecamatan Bekasi Selatan. Pihak pengelola dari 5 mal / plaza menyatakan bahwa alasan pemilihan lokasi untuk membangun mal / plaza bagi investor di Kota Bekasi didasari faktor demografi dan aksesibilitas. Berdasarkan analisis spasial melalui ArcGIS dan RDTRK diketahui lokasi mal / plaza di Kota Bekasi berada di lokasi yang sesuai peruntukkannya.

Bekasi City, as a satellite city, has been an attractive region for investors to invest and develop their business in property sector through shopping malls. This research identifies the reasons factor of location selection from the distribution pattern of shopping malls, suitable location has to first be matched with RDTRK Bekasi. The instrument used in this research is a cheklist of shopping malls, in-depth interview, and RDTR Bekasi City. The conclusions in finding out the reasons for determining the location of the shopping malls is focused by the answers of the informants. Determination the reasons factor of location selection for shopping malls based on factors Location, Income, Demographics, and Life-Style. The number of informants from the shopping malls management determined based on the results of plotting location shopping malls which have clustered criteria and the location is nearby each other. This research shows based on the nearest neighbors analysis is evenly distribution for thirteen shopping malls located in Bekasi City and some of them are neighboring, specially in South Bekasi City. According to the property managers, the reason why they choose Bekasi City to develop shopping malls is because of its demographic and accessibility. Based on the spatial analysis through ArcGIS and RDTRK, Bekasi City is clearly shown to be the most suitable area for the development of shopping malls.

Kata Kunci : Distribusi, Pola, Pusat Perbelanjaan, Kesesuaian, dan RDTR. / Distribution, Pattern, Shopping Malls, Location Suitability, and RDTR.

  1. S1-2017-348202-abstract.pdf  
  2. S1-2017-348202-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-348202-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-348202-title.pdf