Laporkan Masalah

Pengembangan Model Prediksi Kesuksesan Produk Lipstick

FEBRITA PITRIA, Ir. Subagyo, Ph. D

2017 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRI

Penelitian mengenai kesuksesan produk merupakan suatu cara yang digunakan pada pengembangan produk agar tingkat kesuksesan produk menjadi lebih tinggi, sehingga risiko terjadinya kegagalan produk menjadi berkurang. Penelitian mengenai kesuksesan produk membutuhkan tool untuk menghubungkan antara faktor-faktor kesuksesan produk dengan indikator kesuksesan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model prediksi kesuksesan produk dengan objek penelitian berupa produk lipstick. Indikator kesuksesan produk lipstick yang digunakan berupa market share. Model kesuksesan produk lipstick dibangun dari 9 data produk dan divalidasi dengan 5 data produk yang berbeda. Pembangunan model ini menggunakan Model Kano yang membagi variabel kesuksesan produk menjadi tiga kategori, yaitu must-be, one-dimensional, dan attractive. Model terpilih merupakan model dengan nilai R-square dan kemampuan prediksi terbaik. Model prediksi kesuksesan produk lipstick yang terpilih pada penelitian ini adalah model yang dibangun berdasarkan empat variabel kesuksesan produk, yaitu product, price, promotion, dan place. Model penelitian ini memiliki nilai R-square sebesar 73,08% dan kemampuan prediksi sebesar 29,54%.

Research about product success is used in product development process to increase the level of product success. Research about product success needs a tool to connect the factors of product success with its indicator. This research is aimed to develop prediction model of product success by using lipstick as research object. The model of lipstick product success is done by analyzing the data of 9 product and is validated by 5 different products. The model is made with Kano Model which divides the variables of product success into three: must be, one dimensional, and attractive. Chosen model is a model with R-square value and best prediction ability. The chosen prediction model of lipstick product success in this research is a model which is built by four variables of product success (product, price, promotion, and place). The model has R-square value 73,08% and prediction ability 29,54%.

Kata Kunci : Kesuksesan Produk, Lipstick, Model Kano

  1. S1-2017-349770-abstract.pdf  
  2. S1-2017-349770-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-349770-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-349770-title.pdf